Optimalisasi Rumah Singgah dan Kapal Fery Cepat untuk Pasien Rujukan serta Masalah Sampah Jadi Rekomendasi DPRD Anambas


Optimalisasi Rumah Singgah dan Kapal Fery Cepat untuk Pasien Rujukan serta Masalah Sampah Jadi Rekomendasi DPRD Anambas

Juru Bicara Pansus LKPJ, Yusli YS, S.IP-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Panitia Khusus ( Pansus) DPRD Anambas merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Anambas meningkatkan rumah singgah bagi pasien yang akan dirujuk ke Rumah Sakit. Dan optimalisasi transportasi laut ke kapal fery cepat untuk pasien yang akan dirujuk ke rumah sakit luar daerah.


Hal itu disampaikan oleh  Yusli YS, S.IP juru bicara dan anggota Pansus tentang Laporan Keterangan  Pertanggungjawaban ( LKPJ) Bupati Kepulauan Anambas Tahun Anggaran 2022, dalam sidang paripurna DPRD Anambas dengan agenda laporan Pansus terkait LKPJ bupati tersebut, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Lantai I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas. Selasa, (23/05/2023)


Yusli menyampaikan bahwa terkait peningkatan rumah singgah, karena menurut para pasien yang akan dirujuk, rumah singgah tersebut masih kurang layak. Sedangkan optimalisasi transportasi laut, karena selama ini pasien dirujuk menggunakan kapal Puskesmas keliling.


" Pemerintah daerah kami minta agar memiliki political will dalam upaya meningkatkan akreditasi pelayanan kesehatan dengan melakukan evaluasi untuk peningkatan kelas rumah sakit dari type B ke type C dan juga dengan penambahan kuantitas serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana rumah sakit." tambah Yusli.


Selain itu kata Yusli lagi,  untuk bidang urusan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, Pansus merekomendasikan mengenai masalah sampah ketercapaian dalam program zero waste yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Anambas. 


" Sejatinya permasalahan sampah merupakan salah satu permasalahan utama di Kabupaten Anambas, oleh karena itu sudah semestinya menjadi fokus garapan Dinas Lingkungan Hidup." Jelasnya.


Yusli juga menyampaikan bahwa laporan Pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2022, berisi catatan strategis dan rekomendasi. Untuk itu Pansus berharap agar Pemkab dapat menindaklanjutinya.


Rapat Laporan Pansus ini sempat mengalami penundaan pada Hari Jumat, 19 Mei 2023 lalu, lantaran belum kuorum namun pada hari Selasa, 23 Mei 2023, akhirnya telah memenuhi kuorum, dengan dihadiri oleh 11 dari 20 anggota DPRD Anambas.


Wakil Ketua I DPRD Kepulauan Anambas Syamsil Umri saat mengawali memimpin rapat menyebutkan, berdasarkan catatan sekretaris DPRD Anambas, daftar hadir yang telah ditandatangani oleh 11 dari 20 anggota maka dalam hal ini dinyatakan telah memenuhi kuorum.


"Dengan hadirnya 2 dari anggota fraksi PPP-Plus, 3 dari anggota fraksi PDI-P, 2 dari anggota fraksi PAN, 1 dari anggota fraksi BNI, dan 3 dari anggota fraksi KIR, dengan mengucapkan, "Bismillahirrahmanirrahim" dengan ini saya nyatakan dibuka," Sembari memukul palu 3 kali.


Adapun Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Anambas adalah:

1. Rocky H Sinaga selaku Ketua 

2. Ayub S.IP selaku Wakil Ketua

3. Yusli YS, S.IP selaku anggota

4. Hj, Tetty Hadiyati SH selaku anggota

5. Firdiansyah selaku anggota

6. Mariady selaku anggota

7. Hartono SE selaku anggota

8. Ellisya selaku anggota

9. Siti Bayu Khusnul Hatimah selaku anggota.


Turut hadir dalam Paripurna ini, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Sekda, Anggota DPRD, OPD, TNI, POLRI, serta Instansi Vertikal, Partai Politik, LSM, Ormas,  dan awak Media.





( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama