Bekali Keterampilan Kemandirian WBP, Kalapas Brebes: Terprogram dan Terencana


Bekali Keterampilan Kemandirian WBP, Kalapas Brebes: Terprogram dan Terencana


BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes melalui sub seksi kegiatan kerja melaksanakan pembinaan kemandirian di berbagai bidang pekerjaan Rabu, (3/5/2023). 


Awali kegiatan pembinaan, WBP melaksanakan briefing untuk review kegiatan hari sebelumnya, juga sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan.


Pembinaan yang dilaksanakan salah satunya adalah Pembuatan Sandal Khusus Hotel. Kegiatan yang melibatkan 6 orang warga binaan ini rutin dilaksanakan untuk memenuhi pesanan beberapa hotel di sekitar Brebes yang sudah bekerjasama dalam penggunaan produk hasil buatan Warga Binaan Lapas Brebes yang satu ini.


Selanjutnya kegiatan Pembuatan Tas Spunbond. Kegiatan ini dilaksanakan setiap ada pesanan dan dikerjakan oleh 5 orang Warga Binaan. Dalam prosesnya ada kegiatan penyablonan dan penjahitan. Ada banyak variasi tas spunbond, mulai dari ukuran kecil hingga jumbo serta gambar berbagai bentuk sesuai pesanan pelanggan.


Adapun kegiatan yang melibatkan pihak ke-3 yakni Pembuatan Tali dari Alumunium foil yang bekerjasama dengan UD. Murni Brebes. Yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh 10 orang WBP dalam proses pembuatan tali. 

Selain itu kegiatan Budidaya Jamur Tiram bekerjasama dengan Bertoz Jamur. Budidaya jamur tiram dilakukan di SAE Lapas Brebes dan dilaksanakan oleh 5 orang warga binaan.


Pembinaan selanjutnya yakni di bidang pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan di area perkebunan. Dalam olah tanah pertanian, menghasilkan sayur mayur dan tanaman obat-obatan alami. 


Selain itu untuk membina WBP, terdapat kerajinan Pembuatan Keset Kain, dibutuhkan keuletan agar hasil Keset rapih dengan kualitas bagus. Terbukti hasil karya satu ini mampu bersaing di toko swalayan dan telah didistribusikan ke dalam dan luar Brebes.


Beberapa Kegiatan selanjutnya adalah Kegiatan pertukangan batu, Kegiatan Pertukangan Kayu, Pengelasan  Las Listrik, dan Pembuatan Paper Bag dan telah memenuhi sejumlah pesanan dari hotel.


Seluruh kegiatan yang menghasilkan keuntungan, selalu direkap di akhir bulan Untuk memberikan Premi/upah bagi Warga Binaan guna menjadi penyemangat dalam mengikuti pembinaan-pembinaan yang ada di Lapas Brebes.


"Dari Keuntungan beberapa kegiatan ini, selain memberikan manfaat bagi warga binaan juga memberikan manfaat lain, yakni untuk memenuhi target pembayaran PNBP demi kemajuan NKRI." Ujar Isnawan, Selaku Kalapas Brebes. 


Setiap Tahun target PNBP selalu terpenuhi oleh Lapas Brebes.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama