Gunakan DD 2023 Tahap Pertama, Pemerintah Tiyuh Mulya Jaya Beli Mobil Ambulance


Gunakan DD 2023 Tahap Pertama, Pemerintah Tiyuh Mulya Jaya Beli Mobil Ambulance

Pembelian Mobil Ambulance-
TULANGBAWANGBARAT I KEJORANEWS.COM :  Tiyuh Mulya Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang (Tubaba) membelanjakan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2023 dengan membeli mobil ambulance dan membuatkan kolam ikan lele serta memberikan bibit sayuran kepada masyarakatnya. Selasa(4/4/2023).


Terkait hal itu, Imam Mastur, Kepala Tiyuh Mulya Jaya mengatakan bahwa pembelian ambulance  berdasarkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tiyuh Mulya Jaya, yang mana dalam Musrenbang itu, masyarakat menginginkan adanya mobil ambulance tersebut.


" Warga di sini seringkali kesulitan ketika terjadi musibah, misalnya sakit yang harus dirujuk ke rumah sakit, atau ada kematian karena kecelakaan yang terjadi di luar daerah dan harus menggunakan ambulance. Sehingga pembelian ambulance ini merupakan langkah strategis untuk membantu masyarakat," ujarnya.


Selain pembelian ambulance itu, Imam Mastur juga menyampaikan bahwa DD tahap pertama tahun 2023 juga untuk pembuatan kolam ikan lele dan bibitnya, serta pemberian bibit sayuran.


Pembuatan kolam Ikan lele dan pemberian sayuran guna peningkatan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari stunting atau kurang gizi.


" Bibit ikan lele kami berikan kepada anggota Kelompok Penerima Manfaat(KPM) dan per kepala keluarga sebanyak 500 ekor yang diberikan kepada 14 kepala keluarga. Untuk kolam kami belikan masyarakat, terpal untuk buat kolam ukuran 20 meter persegi tiap kelompok. Kemudian untuk program stunting dibelikan bibit ikan lele dan dibuatkan kolam dan pakan ikan sebanyak 40 kilo gram per kelompok." terangnya.


Lanjutnya, untuk bibit sayuran terdiri 3000 batang bibit cabe, 3000 Batang bibit tomat dan 3000 batang terong yang dibagikan kepada 900 Kepala Keluarga di Tiyuh Mulya Jaya.


Tatang Hidayat, Staf Tiyuh menambahkan, bahwa satu unit mobil  ambulance dibeli dari Dealer Wuling Lampung di Jalan Pagar Alam Bandar Lampung, seharga  199.000.000(seratus sembilan puluh sembilan juta rupiah).


Tatang juga menyampaikan bahwa, Tiyuh Mulya Jaya terdiri dari 900 KK. Mereka ini terdiri dari 5 Suku dan 26 Rukun Tetangga (RT).


Seorang warga penerima bantuan, Supriyanto warga RT 03 Suku 1 mengatakan, terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dirinya.


Sedangkan kepala Suku 02, Sutrisno mengatakan bahwa dirinya beserta masyarakatnya berterima kasih kepada Kepala Tiyuh Mulya Jaya beserta jajarannya yang telah membuat program tersebut.


Di tempat terpisah, Camat Gunung Agung, Wahyudi Alamsyah SKM berharap apa yang dilakukan oleh Tiyuh Mulya Jaya dapat menjadi contoh bagi Tiyuh lainnya yang berada di Kecamatan Gunung Agung.





Mumu Mahfudin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama