Natuna Miliki Potensi untuk Daerah Penghasil Jagung


Natuna Miliki Potensi untuk Daerah Penghasil Jagung

Asmara Juana Suhardi,
Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Natuna 
NATUNA I KEJORANEWS.COM :  Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Natuna, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, telah melakukan pemetaan potensi pertanian di setiap Kecamatan. Dari hasil pemetaan itu diketahui bahwa, Kabupaten Natuna memiliki potensi untuk menjadi daerah penghasil jagung, terutama untuk jenis jagung pakan. 


Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Asmara Juana Suhardi melalui sambungan telepon menjelaskan, untuk tahap awal pihaknya telah mendata ada 200 hektar lahan di kecamatan Bunguran Batubi tepatnya di Desa Gunung Putri yang berpotensi untuk ditanami jagung.


Menurut Pria yang akrab di sapa Bang Hai ini, pihaknya telah membicarakan mengenai peluang Natuna untuk menjadi lumbung jagung pakan, dan sebagai tahap awal telah menyiapkan lahan seluas 200 hektar di Bunguran Batubi. Dalam hal penyediaan bibit ini kata Asmara Juana, pihaknya akan mengupayakan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri juga  akan segera mengajukan hal itu kepada Kementrian Pertanian.


" Kita sudah petakan ,dan tahap awal ini ada 200 hektar yang sudah disiapkan di Desa Gunung Putri, khusus untuk tanam jagung pakan," ujar Asmara Juana Suhardi, Selasa (28/2/2023).


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Riau, Rika Azmi, merespon positif wacana Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, untuk menjadikan Kabupaten Natuna sebagai lumbung jagung. 


Rika yang merupakan putra asli Natuna ini mengatakan, bahwa sebelumnya pihak Kementria pernah menawarkan untuk Kepri mengambil peluang pengembangan jagung pakan.


"Jagung pakan ini prospeknya sangat besar, pemasarannya juga tidak terbatas, kita sudah sampaikan kepada Dinas terkait di Natuna untuk mendaftarkan lahannya ke Kementrian Pertanian, agar bisa mendapatkan bantuan, " kata Rika Azmi, melalui sambungan telepon , Selasa (28/2/2023).


Selain di Kecamatan Bunguran Batubi, hampir semua kecamatan di Natuna memiliki potensi yang besar untuk ditanami jagung pangan. Jagung merupakan jenis tanaman yang mudah hidup dan mudah dalam perawatan serta masa tanam tidak terlalu lama. Jenis Jagung pangan atau di masyarakat Natuna dikenal dengan sebutan jagung tawar ini, selain diolah untuk menjadi pakan ternak, menjadi tepung,  bonggol jagung dapat menjadi bahan bakar pengganti kayu bakar, dan batang serta daunnya dapat menjadi pakan ternak juga.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Riau, Rika Azmi


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama