Gandeng Damkar, Lapas Brebes Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran


Gandeng Damkar, Lapas Brebes Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Pembinaan Fisik,Mental dan Disiplin Pegawai Lapas Kelas IIB Brebes Serta Simulasi Penanggulangan Kebakaran -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes Kanwil Kemenkumham Jateng latihan pencegahan dan simulasi kebakaran, untuk para pegawai  yang berlangsung di halaman depan Lapas Brebes(10/3/2023).


Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Brebes itu didasari untuk meningkatkan pengetahuan para Pegawai dan untuk kesiapsiagaan pegawai dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan.


"Agenda ini sebagai bentuk Kegiatan Pelatihan Fisik, Mental dan Disiplin pegawai Lapas Brebes dan juga  langkah antisipasi serta deteksi dini gangguan keamanan dan tata tertib serta penanggulangan bencana di Lapas, serta untuk menambah pengetahuan para pegawai dalam menghadapi situasional yang tidak diinginkan," ujar Isnawan.


Isnawan menyebutkan, pelatihan ini diisi dengan pembekalan materi tentang unsur api, proses terjadinya api dan klasifikasi api dan standar operasional prosedur (SOP) dan perawatan alat pemadam api ringan (APAR).


"Lalu dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan terkait penggunaan dua jenis alat pemadam kebakaran yaitu secara modern dan tradisional," katanya. 

Pada kegiatan praktek tersebut dilakukan pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran modern yaitu APAR dan alat pemadam kebakaran tradisional yaitu karung goni. 


Sebelum acara berlangsung, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Brebes melakukan pengecekan dan uji kelayakan seluruh APAR di Lapas Kelas IIB Brebes.


"Ya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan petugas d untuk dapat menghindari serta menyelamatkan diri dalam keadaan bahaya darurat," ujar nya


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama