KRI 24 Jam di Perairan Natuna, Wilayah Natuna Aman dan Kondusif


KRI 24 Jam di Perairan Natuna, Wilayah Natuna Aman dan Kondusif

Pangkoormada 1, Laksamana Muda (Laksda) TNI, Erwin, S. Adedharma
saat di Lanal Ranai-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Wilayah perairan Natuna Utara dipastikan dalam kondisi aman dan kondusif. Hl itu disampaikan Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda (Laksda) TNI, Erwin, S. Adedharma, kepada wartawan di sela kunjungan kerjanya ke Natuna, Rabu (22/2/2023). 


Pangkoarmada I yang melakukan kunker ke Natuna dengan menggunakan Pesawat Udara Patroli Maritim CN-235 milik TNI Angkatan Laut,sekaligus melakukan pemantauan udara terhadap kondisi Laut Natuna Utara dan juga Perbatasan Laut Cina Selatan.


Pangkoarmada menambahkan, keberadaan Laut Natuna Utara yang berbatasan dengan Zona Ekonomi Eklusif , negara tetangga dan berada diwilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)1, menyebabkan banyak kapal - kapal yang melintas di perairan ini dan juga diperairan perbatasan dengan Indonesia. Namun aktivitas ini kata Pangkoarmada merupakan hal yang biasa dan tidak mengganggu batas negara.


" Situasi keamanan di Laut Natuna Utara masih sangat kondusif, untuk saat ini. Memang Natuna bisa dikatakan karena posisinya berbatasan dengan negara tetangga pasti kita juga menemukan beberapa kapal negara tetangga yang melaksanakan kegiatan diwilayah perairannya sendiri, " kata Pangkoarmada I.


Pangkoarmada memastikan bahwa hal itu tidak melanggar hukum dan mengganggu kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Panglima bintang dua ini menambahkan kehadiran Kapal perang TNI AL (KRI) di perbatasan sangat penting guna menjamin keamanan dan kedaulatan negara.


"Unsur KRI kita akan terus ada 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Setiap saat sepanjang tahun, sehingga situasi di sana cukup aman dan kondusif," tambah Pangkoarmada I.


Pangkoarmada I,Laksamana Muda (Laksda) TNI, Erwin, S. Adedharma, minta baik kepada  masyarakat agar tidak terpengaruh dengan pemberitaan mengenai kondisi perairan Natuna Utara yang dikabarkan tidak aman.


"Kepada rekan - rekan wartawan saya minta agar dapat memberitakan sesuai fakta, bahwa kondisi di perairan kita sangat kondusif, sehingga tidak ada lagi beredar pemberitaan yang justru dipelintir, dimanipulir, sehingga menyebabkan stabilitas keamanan dan situasi yang kondusif ini menjadi terganggu," imbuh Laksda TNI. Erwin. S, Aldedharma.


Dalam upaya meningkatkan kondusifitas dan keamanan di laut Natuna Utara, TNI AL secara rutin menempatkan KRI untuk melakukan patroli laut di perairan Natuna, selain itu juga melakukan pateoli melalui udara. Diharapkan kondisi ini dapat terus terjaga, swhingga masyarakat terutama nelayan tidak perlu resah lahi untuk melakukan aktivias penangkapan ikan di Laut Natuna Utara. 

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama