Kelurahan Tarempa Usulkan 5 Prioritas Pembangunan untuk Tahun 2024


Kelurahan Tarempa Usulkan 5 Prioritas Pembangunan untuk Tahun 2024

Musrenbang Kelurahan Tarempa, Anambas
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pembuatan drainase atau parit jalan pemuda, pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) atau normalisasi sungai jalan Raden Saleh Tarempa, pembangunan Jembatan Sungai Sugi, revitalisasi jalan pasir merah, dan pembangunan gorong-gorong jalan Imam Bonjol, menjadi 5 prioritas kegiatan dari sebanyak 58 usulan program kegiatan pembangunan tahun 2024 Keluharan Tarempa.


Hal itu disampaikan oleh Lurah Tarempa, Syamsir S,AP, kepada media usai melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 di ruang rapat kantor Kelurahan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas ( KKA), Kamis (02/01/2023).


" Usulan itu nantinya akan kita bawa pada Musrenbang tahun 2024 tingkat Kecamatan Siantan tahun 2023. Kami dari pihak kelurahan berharap Musrenbang ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, akan tetapi harus dapat terealisasi. Karena ibarat dongeng tidak tahu ujung pangkalnya. Setiap usulan melalui Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten hilang raib entah kemana, "ujarnya.


Syamsir S,AP juga menyampaikan bahwa  dana kelurahan dari pusat semenjak tahun 2020 dan 2021 dan tahun 2022 tidak dikucurkan lagi dari pemerintah pusat.


" Untuk tahun 2023 kami hanya mengandalkan dana operasional setelah dikurangi gaji RT/RW, gaji KJK, honor kader Posyandu. Kami hanya mengelola anggaran lebih kurang hanya 300 juta untuk operasional kantor dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Hal ini berbanding terbalik dengan tetangga kami di desa, mereka mengelola anggaran hampir 2 miliar lebih, padahal kami sama bahkan lebih banyak kegiatan yang kami lakukan dan bersifat swadaya. Tiada harapan lain selain kami menggantungkan program fisik melalui Musrenbang Kecamatan maupun Kabupaten dan Pokok Pikiran (Pokir) dewan ", bebernya.


Terangnya, Musrenbang 2024 yang diadakan tahun 2023 tersebut mengusung tema "Penguatan Sumber Daya Manusia, Ketahanan Ekonomi, serta Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif Efisien dan Transparan". Musrenbang yang diadakan setiap tahun itu jelasnya, guna menyepakati rencana kerja pembangunan (RKP) sesuai dengan usulan prioritas dari masyarakat yang mengacu pada rencana strategis (Renstra) Kelurahan tahun 2023.


Turut hadir dalam kegiatan itu,Anggota DPRD KKA, Camat, Babinsa dan mitra kelurahan seperti Karang Taruna, LPMK, PKK, KJK, Posyandu, RT/RW


( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama