Akan Kuliahkan Putra-putri Natuna di Perguruan Tinggi, Pemkab Natuna Adakan MoU dengan Universitas Pertamina


Akan Kuliahkan Putra-putri Natuna di Perguruan Tinggi, Pemkab Natuna Adakan MoU dengan Universitas Pertamina

Bupati Wan Siswandi dan Pjs Rektor Universitas Pertamina,
Budi W. Soetjipto, Ph.D., usai Teken MoU-
NATUNA I KEJORANEWS.COM: Bertempat di gedung Rektorat Universitas Pertamina Jakarta, Selasa (21/02/2023) pagi, diadakan penandatanganan kerja sama antara pemerintah Kabupaten Natuna dengan pihak Universitas Pertamina (Uper). Kerja sama yang dilakukan antar kedua belah pihak adalah kerja sama di bidang pendidikan. Yakni program beasiswa bagi putra asli daerah Natuna, lulusan SLTA jurusan IPA dan IPS, untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi milik Yayasan Pertamina Foundation tersebut.


Penandatanganan kerja sama ini dilakukan langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, selaku Pjs Rektor Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto, Ph.D.


Dalam sambutannya, pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan ucapan terimakasih, kepada pihak Yayasan Pertamina Foundation dan  UniversitasPertamina, yang telah berkenan memberikan kesempatan dan beasiswa kepada putra / putri Natuna untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi bergengsi tersebut.


" Kami sangat berterimakasih kepada Universitas Pertamina yang berkenan melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dan  telah memberikan kesempatan kepada anak - anak kami untuk mengenyam pendidikan di Universitas Pertamina ini, ini adalah kesempatan langka dan kesempatan emas," kata Bupati Natuna Wan Siswandi.


Kepala daerah Natuna ini berharap nantinya putra daerah Natuna lulusan dari Universitas Pertamina ini akan menjadi lulusan yang berkualitas, dan berkompeten dibidangnya, serta dapat  bekerja sesuai dengan program studi yang diambil.


"Kami Pemerintah Kabupaten Natuna memiliki harapan agar kedepan putra putri dari Natuna memiliki skill atau kemampuan yang sama dengan Sumber Daya Manusia didaerah lain, oleh karenanya kami menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Kami tidak punya biaya untuk memberikan beasiswa kepada putra daerah. Maka dari itu kami menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, melalui program beasiswa," tambah Bupati.


Sementara itu dari pihak Universitas Pertamina Rektor Universitas Pertamina, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, selaku Pjs., Rektor Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto, menyampaikan, bahwa program beasiswa bagi putra daerah Natuna ini diberikan oleh Pertamina Foundation sebagai bentuk perhatian dari Pertamina untuk pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM)  daerah terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


" Kami dengan senang hati menerima kerjasama ini, dan program beasiswa ini merupakan salah satu upaya dan perhatian Pertamina dalam pengembangan SDM di daerah terluar, di NKRI," ujar Budi W. Soetjipto.


Program beasiswa yang diberikan murni dari pihak Pertamina Foundation ini bagi 15 orang Putra/i Natuna,  dengan menempuh jenjang pendidikan Strata 1 di Universitas Pertamina (Uper).

Adapun program studi yang tersedia di Uper antara lain ; Fakultas Tehnologi Industri, Fakiltas Sains dan Ilmu Komputer, Fakultas Perencanaan dan Infrastruktur, Fakultas Komunikasi dan Diplomasi. Fakultas Tehnologi Eksploriasi dan Produksi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Selain Bupati Natuna Wan Siswandi, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, selaku Pjs Rektor Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto, Ph.D., penandatanganan MoU itu juga dihadiri Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Sekda Natuna Boy Wijanarko, Kabag Kerjasama Pemkab Natuna Faisal Firman, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi Universitas Pertamina, Lawni Tenisa, ST., MBA.,Sekretaris Universitas M. Roby Hervindo, S.Sos, Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur & Fakultas Teknologi Industri Ir. Tota Simatupang, M.Eng., Ph.D., Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi & Fakultas Sains dan Komputer Prof. Dr. Ir. Rudy Sayoga Gautama, IPU. ,Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Dr. Dewi Hanggraeni, S.E., M.B.A. selain itu dari Pemkab Natuna juga hadir Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Kerja Sama Syarifah Eliesha Khikmatul Chusna, dan Kasubag Prokopim Wan Hari Sanjaya Pratama.


Selain dengan Universitas Pertamina, Pemkab Natuna sebelumnya juga telah menjalin kerjasama bidang pendidikan dengan program beasiswa dengans ejumlah Perguruan Tinggi, antara lain; 

1.PEM Akamigas

2.Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

3.Institut Teknologi PLN

4.Universitas Pertamina.


Selain itu pada hari Kamis lusa (23 Februari 2023) Pemkab Natuna juga akan melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan   Akademi Metrologi dan Instrumentasi milik Kementerian Perdagangan.



 (Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama