Ujian Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru di Batam, Diikuti 812 Calon


Ujian Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru di Batam, Diikuti 812 Calon

Ujian Seleksi PPPK JF Guru di Batam, Diikuti 812 Calon
Sekdako Batam Tinjau Seleksi PPPK Guru-

BATAM I KEJORANEWSCOM : Sebanyak 812 calon PPPK Jabatan Fungsional (JF) guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam melaksanakan ujian seleksi dengan metode Computer Assisted Test – Ujian Nasional Berbasis Komputer (CAT-UNBK).


Pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako)Batam, Jefridin Hamid, hadir dan memantau langsung ujian seleksi calon PPPK JF guru, yang akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada 18 Januari 2023 diikuti dengan sebanyak 430  peserta dan 19 Januari 2023  sebanyak 382 peserta.


Lokasi ujian dilaksanakan di tiga tempat, yaitu SMKN 1 Kecamatan Batu Aji, SMAN 1 Kecamatan Sekupang, dan SMAN 3 Kecamatan Batam Kota.


Terkait hal itu, Sekdako Batam menyampaikan bahwa  pelaksanaan seleksi ASN PPPK untuk JF guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi Nomor 20 tahun 2022.


"Tentang pengadaan PPPK JF guru, dimana Pemko Batam mendapatkan formasi berjumlah 1.603," katanya. Rabu, (18/01/2023).


Lanjutnya, pelaksanaan seleksi ASN PPK untuk JF guru bagi pelamar umum di lingkungan Pemko Batam dilaksanakan dengan enam prinsip, di antaranya adalah kompetitif, yaitu bersaing secara sehat dan hasil didasarkan nilai ambang batas kelulusan dan/atau nilai tertinggi.


Kemudian, adil, yaitu proses pelaksanaan tidak memihak dan sama rata. Objektif, yaitu proses pendaftaran dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil seleksi.


Selanjutnya, transparan, yaitu proses pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan, seleksi, pengolahan hasil serta pengumuman dilakukan secara terbuka, serta bersih dari KKN, yaitu proses seleksi harus terhindar dari unsur KKN.


"Terakhir tidak dipungut biaya, yaitu pelamar tidak dibebankan biaya apapun dalam proses seleksi. Maka itu, jangan percaya jika ada tawaran dari pihak atau siapun yang menjanjikan dapat membantu kelulusan PPPK," terangnya.

Seleksi calon PPPK JF guru, lanjutnya lagi dari peserta umum yang mengkuti seleksi yakni berjumlah 812 peserta menggunakan Cat-Unbk. Dengan materi kompetensi teknis, kompetensi manejerial dan sosial kultural, serta wawancara.

Ujian seleksi tersebut dilaksanakan dalam waktu 170 menit dengan rincian materi yakni kompetensi teknis berjumlah 100 soal dengan waktu 120 menit dan nilai maksimal 500.

"Kompetensi teknis untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berkaitan bidang teknis jabatan," katanya.

Kemudian kompetensi manejerial dan sosial kultural berjumlah total 45 soal dengan waktu 40 menit dan nilai maksimal 200. Kompetensi manejerial ini untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dalam memimpin atau mengelola organisasi.

Selanjutnya, yaitu kompetensi sosial kultural untuk mengukur pengetahuan. Keterampilan, dan prilaku terkait dengan interaksi dengan masyarakat.

"Selain itu juga wawancara selama 10 menit dengan 10 pertanyaan dan nilai maksimal 40. Wawancara untuk mengukur integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan metode CAT-UNBK," katanya lagi.

Berikutnya, pengumuman hasil seleksi dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui website sscasn.bkn.go.id, gurupppk.kemdikbud.go.id, dan website bkpsdm.batam.go.id. "Semoga pelaksanaan seleksi PPPK untuk JF guru bagi pelamar umum, berjalan lancar dan sukses," tutup Jefridin Hamid.


Sekdako Batam Menyapa Peserta Calon PPPK JF Guru. (Fhoto by MCB)
Pemko Batam
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama