Satpolairud Polres Karimun dan Tim SAR Temukan 1 Orang Korban 1 Laka Laut di Jetty PT. Pacific Granitama Desa Pangke, Meral


Satpolairud Polres Karimun dan Tim SAR Temukan 1 Orang Korban 1 Laka Laut di Jetty PT. Pacific Granitama Desa Pangke, Meral

Korban saat Diangkat ke Boat Penyelamat-
TJB KARIMUN I KEJORANEWS.COM : Satpolairud Polres Karimun bersama tim SAR berhasil menemukan mayat korban tenggelamnya Anak Buah Kapal (ABK) kapal TB. Tanjung Bahari 8 yang jatuh ke laut pada 10 Januari 2023 lalu sekitar pukul 16.20 WIB,  di Jetty PT. Pacific Granitama Desa Pangke Kec. Meral Barat Kab. Karimun. 


Korban ditemukan Kamis tanggal 12 Januari 2023 sekira pukul 11.30 WIB, dalam keadaan meninggal dunia dengan posisi terlungkup pada koordinat 1°0.781"N - 103°19.957"E di perairan depan PT. Mos Tg. Balai Karimun. Selanjutnya korban di evakuasi dan dibawa ke RSUD Muhamad Sani Tg. Balai Karimun untuk divisum. 


Korban ditemukan setelah 3 hari pencairan oleh Satpolairud Polres Karimun, Basarnas Karimun dibantu dengan kru kapal serta nelayan setempat.


Adapun identitas korban yang pada posisi 01° 01" 195 N - 103° 19' 576 " E ini, bernama Mohd. Afrizal yang beralamat di Jl. P. Setunak RT.001/004 Desa Tulang Kec. Karimun Kab. Karimun


"Dimohon kepada setiap Nahkoda kapal ataupun perusahaan penyedia jasa pelayaran di laut agar selalu mengutamakan alat keselamatan di kapal guna mengantisipasi patalitas korban kecelakaan di laut, juga menghindari kecelakaan kerja pada saat melakukan aktivitas", imbau Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, S.H, melalui Kasat Polairud Iptu Dodi, S.H., . Kamis (12/01/2023).


Adapun kronologis kejadian pada hari Selasa Tanggal 10 Januari 2023 sekira pukul 16.00 WIB, TB. Bina Marine 59 menarik tongkang Bina Marine 76 untuk merapat ke Jetty Conveyor, sebelum sampai ke Jetty Conveyor, TB. Tanjung Bahari 8 ingin membantu merapat ke tongkang Bina Marine 76 ke Jetty Conveyor. Namun saat proses pendekatan terjadi benturan haluan antara TB. Tanjung Bahari 8 ke tongkang Bina Marine 76, dan posisi korban saat itu di depan haluan TB. Tanjung Bahari 8 sebelah kiri ingin melemparkan tali ke tongkang Bina Marine 76, dikarenakan benturan begitu kuat korban jatuh ke laut. Saksi melompat ke tongkang Bina Marine 76 untuk memberikan pertolongan ke korban, namun korban masuk di bagian kanan bawah tongkang Bina Marine 76 sampai diburitan tongkang Bina Marine 76, dan saksi sempat mengejar sampai ke buritan Bina Marine 76, sempat melihat korban lebih kurang 20 meter melambaikan tangan dan korban langsung tenggelam.


(Dian BS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama