Pengunjung Perpusipda Natuna Tahun 2022 Capai 19 Ribu Orang


Pengunjung Perpusipda Natuna Tahun 2022 Capai 19 Ribu Orang

Erson Gempa Afriandi, Kadis Perpusipda Natuna-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Jumlah pengunjung perpustakaan daerah Kabupaten Natuna sepanjang tahun 2022, mencapai 19 ribu orang. Hal itu berdasarkan data dari Bina Pustaka, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusipda) Natuna.


Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi di Ranai mengatakan,  data tersebut tidak hanya terdata pengunjung di Perpustakaan daerah saja, namun juga di perpustakaan milik pemerintah Kecamatan di Natuna, serta jumlah pengunjung perpustakaan secara online.


" Hampir 20 ribu pengunjung, baik yang bersifat online, pengunjung perpustakaan kecamatan, maupun yang datang langsung di perpustakaan daerah Natuna, kita himpun semua, " ujar Erson Gempa, Rabu (18/1/2023).


Saat ini Perpusibda Natuna memiliki 8 perpustakaan kecamatan. Sementara jumlah buku yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna. Saat ini untuk buku fisik konvensional, mencapai 100 ribu examplar dengan judul buku mencapai  27 ribu.


Data tersebut mungkin saja lebih, sebab menurut Erson sejauh ini pihaknya belum melakukan stok opname terhadap jumlah buku yang ada.


" Kita belum melakukan stok opname, karena diantara buku - buku yang ada itu merupakan data lama ,pasti sudah ada yang rusak, tapi perkiraan jumlahnya sekitar 27 ribu judul buku, kita akan lakukan pemeliharaan dan stok opname buku- buku yang ada," jelas Erson.


Sementara untuk jumlah buku digital  mencapai 2800 ribu buku. Selain itu pada tshun 2023 ini Dinas Perphstakaan dan Kearsipan daerah Natuna akan mendapatkan bantuan bacaan sebanyak hampir 5000 buku dari  badan bahasa , 2000an buku dari Gramedia, sebanyak 1000 lebih dan dari balai kajian sejarah Tanjung Pinang 300 lebih buku, selebihnya sumbangan dari masyarakat.

(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama