Kapal Roro KMP, Bahtera Nusantara 01 yang Layani Rute Natuna- Sentene Kalbar, Kini hanya 1 Kali Seminggu


Kapal Roro KMP, Bahtera Nusantara 01 yang Layani Rute Natuna- Sentene Kalbar, Kini hanya 1 Kali Seminggu

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi di Natuna-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Kapal Roro KMP, Bahtera Nusantara 01, yang biasa melayani rute Natuna -Sentete kalimantan Barat, 2 Minggu sekali, kini menjadi seminggu sekali. perubahan jadwal tersebut dikarenakan saat ini Bahtera Nusantara 01 tidak lagi melayani rute Tambelan, namun dari Tanjung Uban  langsung Matak dan menyinggahi pulau - pulau di Natuna, sebagaimana biasanya, lalu langsung menuju ke Sintete (Sambas, kalimantan Barat). 


Jadwal ini berlaku sejak pertengahan Januari 2023. Hal ini dikarenakan kini untuk rute pelayaran   Tambelan   dilayani oleh KMP. Bahtera Nusantara 03 , yang baru selesai diproduksi, dengan rute Punggur (Batam) - Tanjung Uban (Bintan) Tambelan (Bintan) , dan Sentete (kalimantan Barat). Kapal ini merupakan kapal baru  milik Angkutan Sungai dan Penyebrangan  (ASDP) Kepri, yang diproduksi di Provinsi Kepulauan Riau, khusus untuk melayani transportasi di Kepri.


Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi di Natuna beberapa waktu lalu menyebutkan, bahwa sejauh ini untuk proses memulai pelayaran, BN 03 masih dalam tahap penyelesaian administrasi dan uji kelayakan berlayar. 


"Kapalnya sudah ada, tapi masih penyesuaian administrasi, jadi nanti Bahtera Nusantara 03 tidak melayani rute kepulauan di Natuna," jelas Junaidi di Natuna, Selasa (10 /1/ 2023).


Jadwal keberangkatan KMP. Bahtera Nusantara 03 diperkirakan per 5 hari sekali. Dengan kapasitas mesin 1.500 GT dan kecepatan 15 knot, sama seperti KMP. Bahtera Nusantara 01, KMP. BN 03 ini mampu menampung penumpang hingga 400 orang dan 65 kendaraan roda 4.


Sementara untuk tarif Kapal Roro KMP. Bahtera Nusantara 03, antar pulau diprovinsi Kepri ditentukan melalui surat keputusan Gubenur Kepri, menyesuaikan dengan harga BBM saat ini.


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama