Untuk Tahun 2024 Natuna Tidak Merekrut Panwascam


Untuk Tahun 2024 Natuna Tidak Merekrut Panwascam

Ketua Bawaslu Natuna, Khairulrijal-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Tenaga panitia pengawas Pemilu ( Panwascam) di Natuna berpotensi akan bertugas dua kali pada tahapan pemilihan umum ( Pemilu) di tahun 2024. Sebab, di tahun tersebut terdapat dua agenda Pemilu, yakni pemilu legislatif dan presiden, serta pemilihan kepala daerah. Dalam waktu yang berdekatan tersebut, yakni tahun 2024, kemungkinan besar tidak ada perekrutan Panwascam lagi.


 Sebagaimana diketahui, di tahun 2024, terdapat tiga agenda pemilu, yakni agenda pemilu legislatif dan Pemilu presiden yang dilaksanakan secara bersamaan pada awal tahun di bulan Februari 2024. Kemudian, pemilihan Gubernur dan Bupati digelar pada akhir tahun, yakni November 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna menilai nantinya akan terjadi perpanjangan jabatan tenaga Panwascam.


Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Natuna, Khairulrijal mengatakan, bulan Oktober 2022 tenaga Panwascam ditargetkan sudah terlantik. Masa kerja mereka dihitung dari dua bulan terakhir tahun 2022, yakni bulan November dan Desember. 


“Setelah pelantikan, mereka sudah mulai bekerja untuk mengawasi peserta pemilu,” katanya.

Dengan agenda pemilu yang serentak pada tahun 2024 tersebut, kecil kemungkinan untuk mengadakan perekrutan panwascam kembali. Sebab, waktunya sangat singkat dari awal tahun hingga akhir tahun. Sementara itu Bawaslu Kabupaten Natuna merupakan Lembaga Pengawas pemilu yang terakhir melakukan pelantikan Panwascam di Indonesia pada buln November tahun 2022 ini.


Ada 45 orang anggota Panwascam yang dilantik oleh Ketua Bawaslu Natuna di Jelita Sejuba pada hari Senin kemarin.


“Potensi terbesarnya, nanti jabatan panwascam akan diperpanjang pada tahapan pemilu berikutnya,” tandas Rijal. (Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama