PLBN Natuna Selesai, Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai Buat Paspor untuk Warga Serasan


PLBN Natuna Selesai, Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai Buat Paspor untuk Warga Serasan

Kepala Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai, Gelora Nusantara-
NATUNA | KEJORANEWS.COM: Menyusul selesainya pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Serasan, Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai, melakukan pembuatan paspor bagi warga Serasan dan sekitarnya. Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari pada Minggu lalu itu berhasil membuat 85l4 paspor bagi warga setempat. 


Kepala Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai Gelora Nusantara, saat dikonfirmasi di kantornya menyebutkan, pembuatan paspor di Serasan ini masuk dalam program Easy Pasport. Dari jumlah tersebut, 41 diantaranya adalah pembuatan paspor baru, dan 43 penggantian paspor.  Pembuatan paspor di Serasan ini diakui Gelora diluar perkiraan, karena pada awalnya pihak Imigrasi  hanya menargetkan 30 paspor .


" Cukup tinggi animo masyarakat di Serasan untuk pembuatan paspor, dan rata - rata mereka paham kegunaan dari paspor, kebanyakan malah pergantian paspor, karena mereka telah pernah memiliki paspor,dan permintaan pembuatan paspor saat di Serasan cukup tinggi ada sekitar 30 pengajuan yang terpaksa kami tolak, karena kita sudah over," ungkap Gelora, Selasa (22/11/2022).


Imigrasi melalui bagian pelayanan pembuatan paspor memiliki program untuk prmbuatan pasor bagi masyarakat diperbatasan. Program ini diberi nama 

LEPAS LAUT, (Layanan Pembuatan Easy Paspor Singgahi Pulau Terluar).  Gelora menambahkan, Lepas Laut ini dimaksudkan walaupun kantor Imigrasi berada di Kecamatan Bunguran Timur, namun saat melakukan kunjungan atau atau menyinggahi pulau - pulau di Natuna maka akan dilakukan pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat.


" Dalam hal ini bukan atas permintaan masyarakat untuk pembuatan paspor, tapi kami yang menawarkan, dan respon masyarakat cukup luar biasa untuk membuat paspor, " imbuh Gelora.


Selama ini pengajuan pembuatan paspor masyarakat Natuna kebanyakan digunakan untuk umroh maupun berobat ke negara tetangga Malaysia.  Kedepan Imigrasi klas II Ranai akan mengoptimalkan jemput bola pembuatan pasor disetiap kecamatan melalui program Easy Paspor. 


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama