Perdana, Susi Air Layani Rute Natuna Pontianak


Perdana, Susi Air Layani Rute Natuna Pontianak

Bupati dan Wakil bersama Forkopimda Photo Bersama dgnSusi Pudjiastuti-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Impian masyarakat Natuna akan adanya penerbangan reguler yang melayani rute Natuna - Pontianak dan sebaliknya, akhirnya terwujud sudah. Perdana, pada Selasa (1/11/2022) pagi, maskapai penerbangan Susi Air akhirnya melaunching  penerbangan perdananya dari Natuna ke Pontianak di Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna.Pada launching ini Susi Air terbang dari Ranai menuju Pontianak dengan mengangkut penumpang, Bupati Natuna beserta istri, dan Wakil Bupati Natuna.


Hadir pada launching penerbangan perdana itu Bupati Natuna Wan Siswandi, Wakil Bupati Natuna Rodialhuda, ketua DPRD Natuna Daeng Amhar, Komandan Lanud Raden Sadjad Kolonel Penerbang, Jajang Setiawan,  serta pengusaha pemilik dan Presiden Direktur  PT ASI Pudjiastuti Aviation, Susi Pudjiastuti.


Presiden Direktur  PT ASI Pudjiastuti Aviation, Susi Pudjiastuti, disela launching penerbangan Susi Air dari Natuna ke Pontianak menyampaikan rasa senangnya bahwa akhirnya pesawat Susi Air dapat melayani rute Natuna Pontianak. Mantan Mentri Kelautan Perikanan ini menyebutkan bahwa merupakan impiannya sejak lama untuk melayani penerbangan rute Natuna.


"Mimpinya sudah dari 5 tahun yang lalu, saya ingin ke Natuna kok susah banget mau mendapatkan penerbangan ke Natuna, dan saya pikir masyarakat Natuna juga banyak keluhannya mengenai keterbatasan transportasi ini, twrutama penerbangan.  Karena wilayah kepulauan itu banyak keterbatasan ya," ungkap Susi.


Susi Pudjiastuti menyadari bahwa transportasi laut merupakan andalan bagi masyarakat Natuna untuk keluar daerah, namun terkadang kondisi cuaca yang tidak bersahabat, kerap menjadi kendala, terutama disaat musim utara atau selatan.

Oleh karenanya, kehadiran Susi Air di Natuna diharapkan menjawab kebutuhanasyaralat setempat akan transportasi yang aman dan nyaman.


Selain itu keberadaan peswat susi air diharapkan dapat membantu transportasi bagi masyarakat untuk mendapatkan rujukan berobat keluar daerah. 


"Kalau sudah angin , gelombang, musim utara, itu transportasi kan susah ya di Natuna, saya pikir ini alternatif , yang  sangat dibutuhkan , yang kedua juga memudahkan pebisnis  dengan adanya penerbangan ini," ungkap Susi.


Selain melayani penerbangan reguler dari Natuna, PT. ASI Pdjiastuti juga melayani charter khusus bagi masyarakt Natuna. Untuk itu, satu unit pesawat Susi Air dengan kapasitas kursi 9 penumpang standbye di bandara Raden Sadjad. Sementara untuk penerbangan reguler berjumlah 12 kursi.


" Nanti khusus kita standbye kan di Natuna satu pesawat, untuk melayani masyarakat khusus seperti untuk urusan bisnis maupun emergency pasen rujukan," jelas Susi.


Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada menejemen PT ASI Pudjiastuti Aviation, yang telah bersedia membuka rute penerbangan Natuna - Pontianak ini. Wan Siswandi mengakui pesawat reguler sebagai transportasi andalan di Natuna juga memiliki peran penting terhadap pembangunan daerah ini. Dengan adanya transportasi udara yang lancar tentunya akan mempermudah investor untuk masuk dan menanamkan modla di Natuna.


" Selama ini susah untuk mengundang investor ke Natuna karena keterbatasan transportasi. Mudah - mudahan bermanfaat bagi pemsrintah daerah dan juga masyarakat Natuna,  dengan adanya transportasi ini akan memperlancar kedatangan para investor untuk menanamkan modal didaerah ini," ujar Bupati.


Dalam jadwal penerbangannya, Susi Air tidak hanya melayani rute Natuna Pontianak namun juga Natuna - Letung dan Natuna - Tambelan. Untuk Natuna -  Pontianak dijadwalkan 6 kali dalam seminggu, sementara Letung - Natuna 3 kali seminggu, dan Tambelan - Natuna 2 kali seminggu. Namun menurut Susi Pudjiastuti jadwal tersebut dapat saja berubah melihat dari jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi pesawat ini. Adapun harga tiket pesawat dari Natuna - Pontianak Rp.2,5 juta , dan dari Letung - Natuna Rp.1,9 juta.

Bupati Natuna menaiki tangga pesawat Susi Air

Wabup Natuna Rodialhuda di Kokpit Susi Air

Presdir PT. ASI Pudjiastuti Aviation, Susi Pudjiastuti,  Bupati Natuna Wan Siswandi, dan Komandan Lanud RSA, Kol. Pnb., Jajang Setiawan, saat memberikan keterangan pers dibandara Raden Sadjad


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama