Gubernur Kepri Lakukan Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Ponpes Hasyim Asy'ari di Batam


Gubernur Kepri Lakukan Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Ponpes Hasyim Asy'ari di Batam

Gubernur Kepri Lakukan Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Ponpes Hasyim Asy'ari di Batam
Gubernur Kepri Memberikan Sambutan

KEPRI I KEJORANEWS.COM : Gubernur Kepulauan Riau, H.Ansar Ahmad melakukan peletakan batu pertama, sekaligus menandai dimualinya pembangunan Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari, di Bengkong Sadai, Bengkong, Batam - Kepri, (13/11). 

Dalam sambutannya Gubernur Kepri mengutip apa yang disampaikan Wakil Presiden KH Makruf Amin saat peringatan Hari Santri 22 Oktober lalu, menyampaikan tiga point penting terkait hari santri. Pertama hubul waton minal iman, dimana cinta tanah air adalah sebagaian dari iman.

"Saya yakin, kita para santri telah mengikrarkan  diri,  untuk cinta  tanah air adalah harga mati," jelasnya. 

Lanjutnya, hifdzul Mistaq menjaga kesepakatan, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  adalah rumah besar bagi  semua yang harus dijaga bersama. Dan yang ketiga yakni Khalifah fil ardh bahwa setiap orang adalah mahluk yang paling sempurna. Maka siapapun berkewajiban memakmurkan negeri tercinta ini,  agar menjadi negara yang  baldatun thoyibatun warobhun ghofur.

Masyarakat juga harus selalu beryukur bahwa di Kepri saat ini memliki kurang lebih 114 pesantren yang tersebar diselurih kabupaten/kota. Dengan kurang lebih 10 965 santrian orang, dengan terbanyak di Kota Batam. "Dan keberadaa santri ini menjadi kekustan tersendiri dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan di Kepri," terangnya. 

Pemerintah Provinsi Kepri, lanjutnya lagi pada bulan Februari 2023 mendatang, akan mengundang tokoh agama di seluruh wilayah Kepri, untuk beristighosah bersama sekaligus meresmikan Pulau Penyengat sebagai pulau wisata riligius Kepulauan Riau. 

"Saat bersamaan, nanti  saya bersama seluruh usatad dan kyai yang hadir, akan  mengijasahkan satu buah sholawat buyro,  sebagai sholawat yang akan  kita amalkan, untuk menjadi sholawat harian,  bagi kita masyarakat Kepri," tutup Gubernur Kepri.

Berikutnya, Ketua MWC NU Kecamatan Bengkong, Muhammad Sofyan Imam Santun menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Kepri, sekaligus berkesempatan meletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren Hasyim Asy'ari.

"Nantinya Ponpes akan berada di bawah Yayasan Hasyim Asy'ari,  dimana pondok akan dibangun gedung 3 lantai. Nantinya disini para santri akan di bimbing dan di didik, hingga mereka bisa menjadi hafidz dan para penghagal al quran,  sekaligus mereka bisa menjadi pendakwah yang  berfaham nahdiyin ahlu sunah wal jamaah," pungkasnya.



Pemprov Kepri
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama