Penyidikan Sempat Jalan di Tempat, Pegawai BC Jadi Tersangka Penembakan Haji Permata


Penyidikan Sempat Jalan di Tempat, Pegawai BC Jadi Tersangka Penembakan Haji Permata

Penyidikan Sempat Jalan di Tempat, Pegawai BC Jadi Tersangka Penembakan Haji Permata
Senjata Laras Panjang (Picture by Web)

RIAU I KEJORANEWS.COM : Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau akhirnya menetapkan satu orang pelaku dalam kasus penembakan yang menewaskan Jumhan alias Haji Permata.

Penetapan pelaku inisial B berdasarkan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ulang yang dilakukan belum lama ini dan  disaksikan jaksa. Pelaku B merupakan pegawai Bea Cukai Tembilahan.

"Tersangka satu orang, berkasnya dilimpahkan ke kejaksaan Tinggi Riau pekan lalu," terang Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan, di Mapolda Riau, Pekanbaru - Riau, Rabu (5/10).

Lanjutnya, kasus penembakan ini terjadi hampir dua tahun lalu. Penyidik telah memeriksa saksi-saksi, termasuk Kepala Bea Cukai Tembilahan, Inhil, Ari Wibawa Yusuf, dan Kepala Seksi (Kasi) Penindakan Bea Cukai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Gunar Wiratno, Kamis (21/1/21).

Sebelumnya, penyidik juga sudah pernah melakukan olah TKP.  Juga dilakukan rekonstruksi, penetapan pelaku berdasarkan proyektil peluru dengan senjata yang digunakan, ada kecocokan dengan senjata pelaku.

Untuk diketahui, Haji Permata ditembak karena diduga menyelundupkan rokok ilegal senilai Rp 7,6 Miliar pada 15 Januari 2021. Penggagalan penyelundupan ini dilakukan personel Bea Cukai Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kasus ini awalnya dilaporkan pihak keluarga Haji Permata ke Polda Kepulauan Riau (Kepri). Namun, terhitung Senin (18/1/21), penanganan kasus diserahkan ke Polda Riau karena locus delicti di Provinsi Riau," jelasnya.

Lanjutnya lagi, selain Haji Pertama yang tewas di tempat, dalam kasus itu juga tertembak nakhoda kapal Bahar. Korban Bahar meninggal beberapa hari setelah kejadian penembakan, yakni Selasa (19/1/21). Karena mengalami luka tembak di kepala.

Dua anak buah H Permata lainnya yang tertembak adalah Abdul Rahman dan Irwan. Korban Abdul Rahman mengalami luka tembak di telapak kaki sebelah kiri sedangkan Irwan mengalami luka di lengan sebelah kiri.

Dalam prosesnya, Bea Cukai Tembilahan menyebut Haji Permata berusaha melawan dan mengejar kapal petugas. Disebutkan, Haji Permata ingin masuk ke kapal petugas untuk mengambil barang bukti.

"Perlawanan ini berujung tembakan. Hasil olah TKP dan autopsoi, di dada Haji Permata bersarang sejumlah peluru dari senjata laras panjang sehingga menjadi penyebab utama kematiannya," pungkas Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau.

Terkait kasus tersebut, dalam pengusutan, penyidik memanggil para petinggi Bea Cukai dari Provinsi Riau, Tembilahan maupun pusat. Dalam perjalanannya, penyidikan jalan di tempat.

Polda Riau mulai tertutup soal penanganan dan selalu menyebut penyidikan masih berjalan.

Bergantinya Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau dari Komisaris Besar Teddy Ristiawan ke Asep Darmawan membawa angin segar bagi pihak keluarga sebagai pelapor.

Kasus ini diusut kembali dan penyidik sudah menetapkan tersangka setelah melakukan olah TKP kembali dan rekonstruksi bersama jaksa.


Polda Riau
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama