Di Balik Tembok Lapas Brebes, WBP Panen Lele


Di Balik Tembok Lapas Brebes, WBP Panen Lele

Setelah Tiga Bulan 14 Hari, WBP Kelas IIB Brebes Panen Ikan Lele Siap Konsumsi -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jawa Tengah berhasil panen puluhan kilo ikan lele siap konsumsi dari kolam yang berada di balik tembok tinggi Lapas kelas IIB Brebes, Senin (11/10/2022). 


Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes Isnawan mengatakan, selain berkebun dan beberapa program pembinaan keterampilan lainnya yang diberikan pada warga binaan, pihaknya menambah satu kegiatan di bidang peternakan yakni budidaya ikan lele.


“Sebagai salah satu program pembinaan narapidana, kami menambah satu kegiatan di bidang peternakan yaitu budidaya ikan lele,” Ujar Isnawan. 


Dipilihnya ikan lele untuk di budidaya, menurut Isnawan , karena mempunyai nilai jual yang sangat baik dan dalam pembudidayaannya dari bibit hingga sampai panen tidak terlalu lama.


“Ikan lele punya nilai jual yang baik. Setelah 3 bulan 14 hari, maka pada hari ini tanggal 10 Oktober 2022 lele berhasil kita panen sebanyak 33 kilo,” ungkap Isnawan .


Pihaknya ke depan akan lebih fokus lagi dalam budidaya ini supaya dapat lebih berkembang lagi dan diupayakan menjadi produk unggulan dari kegiatan pembinaan narapidana. Sebagai apresiasi dan memberikan semangat, Kepala Lapas Brebes, Isnawan, mengharapkan WBP mampu mengimplementasikan kegiatan budidaya lele ini setelah bebas berbekal ilmu pengetahuan budidaya ikan dan keterampilan yang telah didapat. 


“Semoga mereka mampu melihat peluang, menciptakan usaha sendiri, dan memenuhi kebutuhan rumah tangga bersama dengan keluarga,” harapnya.


Selain itu, tidak menutup kemungkinan, bakal ada kegiatan pembinaan kemandirian lainnya yang akan dikerjakan oleh warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Brebes.


 (Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama