Ungkapkan Rasa Syukur atas Panen Padi, Pemdes Mundu Mesigit Gelar Mapag Sri


Ungkapkan Rasa Syukur atas Panen Padi, Pemdes Mundu Mesigit Gelar Mapag Sri

Aparat Desa dan Para Tokoh saat Mapag Sri-
CIREBON I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Desa dan masyarakat Mundu Mesigit , Kecamatan Mundu , Kabupaten Cirebon, yang menggelar acara Mapag Sri ( menjemput padi), Sabtu.(24/09/2022).


Tradisi Mapag Sri merupakan budaya peninggalan nenek moyang  yang terus dilestarikan oleh masyarakat dalam rangka mengungkapkan rasa syukur ke sang Pencipta atas panen padi.


Pada kegiatan Mapag Sri ini, pihak desa membawa dan mengarak nasi tumpeng dan makanan lain seperti buah-buahan menuju balai desa. Selanjutnya mereka berdoa bersama, setelah selesai berdoa tumpeng dan makanan dibagikan ke masyarakat.



Hadir pada acara Mapag Sri,  Kuwu Sarifuddin beserta seperangkat pemerintah desa, Bhabinkamtibmas desa Mundu Mesigit,para tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua BPD dan lainya, Acara berlangsung lancar dan meriah.


Kuwu Desa Mundu Mesigit Sarifuddin , mengungkapkan bahwa kegiatan Mapag Sri tersebut adalah tradisi tahunan, yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa bersyukur atas rezeki panen padi yang diberikan Allah Swt kepada para petani.


,"Kami pemerintah desa dan masyarakat Mundu Mesigit, akan terus melestarikan warisan tradisi budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu, seperti, Tradisi Mapag Sri ini  dan jug Tradisi Sedekah Bumi." tutur Kuwu.


Kegiatan Mapag Sri tahun ini, turut diisi dengan hiburan sandiwara.

Buah-buahan saat diarak warga


(Yanto/SI)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama