Canangkan Kampung Germas, Wagub Marlin Agustina Ajak Masyarakat Hidup Sehat


Canangkan Kampung Germas, Wagub Marlin Agustina Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Wagub Marlin saat Canangkan Kampung Germas-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Wakil Gubernur ( Wagub) Hj Marlin Agustina Rudi mengajak masyarakat menjadikan gaya hidup sehat sebagai pilihan. Pilihan gaya hidup sehat ini harus dilakukan terus menerus, agar hidup senantiasa semakin baik dan dapat melindungi diri dari beragam penyakit.


"Hidup itu ada pilihan-pilihan. Tentu sangat baik kalau kita pilih hidup sehat. Hidup sehat harus dijadikan sebagai gaya hidup," kata Wagub Marlin saat melakukan Pencanangan Kampung Germas di Perumahan Permata Bandara Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Rabu (3/8/ 20222).


Ketua TP PKK Kota Batam ini berharap pencanangan ini dapatbdijadikan contoh kelurahan lain di Batam. Mereka dapat menumbuhkan kampung Germas di tiap kelurahan.


Wagub Marlin pun memaparkan tujuh pilar Kampung Germas yang perlu diketahui. Juga untuk dijalani. Tapi, perlu kesungguhan dan keikhlasan hati untuk menjalankan semuanya.


Yang pertama adalah melakukan aktivitas fisik. Menurut Wagub Marlin, aktivitas fisik ini sangat penting untuk dilakukan. Minimal 30 menit dalam sehari. Banyak pilihan olah raga ringan yabg bisa dilakukan dalam 30 menit itu. Mungkin senam, jalan kaki atau berlari-lari.


Beberapa ruas jalan di Batam saat ini pun sangat mendukung untuk aktivitas fisik. Trotoar yang besar, dan mulai ditanami pohon-pohon, bisa dimanfaatkan untuk jalan atau berlari.


Pilar Germas kedua adalah membudayakan konsumai buah dan sayuran. Menurut Marlin, buah-buah tersebut sangat baik dikonsumsi sebelum makan nasi.


Tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkoholl merupakan pilar Germas ketiga dan keempat. Kemudian pilar kelima adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.


Untuk pemeriksaan ini, Wagub Marlin berpesan kepada para bapak melakukan pengecekan kesehatan secara berkala. Terutama mengecek tekanan darah dan gula darah.


Pilar keenam dan ketujuh terkait dengan lingkungan dan kebiasaan. Yaitu menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.


Ketua Pikori BP Batam ini pun mengajak masyarakat mendukung program-program yang baik untuk kesehatan ini.


"Mari kita dukung program pemerintah ini, agar masyarakat sehat sejahtera," kata Wagub Marlin.


Usai melakukan pencanangan, Wagub Marlin pun mengajak anak-anak untuk menjawab beberapa pertanyan terkait Germas yang diberikan. Menangakan tentang pilar-pilar itu dan berbagai hal lainnya. Para pelajar pun menyambutnya dengan antusias.


Kominfo Batam

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama