Kantor Bahasa Kepri Gelar Pementasan Revitalisasi Sastra Lisan Teater Mendu


Kantor Bahasa Kepri Gelar Pementasan Revitalisasi Sastra Lisan Teater Mendu

Pentas Raja Mendu-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Pementasan Revitalisasi Sastra Lisan Teater Mendu yang ditaja oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Acara tersebut dilaksanakan di Tugu Gasing, Ranai, dipadati oleh masyarakat yang datang menonton. Kegiatan itu dihadiri Sekda Natuna, Boy Wijanarko V, Kepala Kantor Bahasa Kepri, Rahmat dan undnagan lainnya.


Kepala Kantor Bahasa Kepeluan Riau dalam sambutanya menyampaikan bahwa Teater mendu menjadi salah satu seni tutur teater lisan yang hampir punah. 


" Jadi kegiatan malam ini merupakan titik awal untuk kembali menghidupkan teater lisan di tengah tengah masyarakat agar tidak punah. Namun revitalisasi mendu harus menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikan warisan kebudayaan," Jelas Rahmat , Rabu (27/07/2022).


Rahmat juga menegaskan bahwa kegiatan semacam ini perlu digaungkan untuk terus menjaga warisan budaya sekaligus menjadi porses sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat  khususnya generasi muda. 


Sementara itu, Sekda Natuna , Boy Wijanarko dalam sambutanya menyampaikan apresiasinya atas usaha kantor bahasa Kepulauan Riau bekerjasama dengan pemerintah daerah serta komunitas lokal untuk kembali membangkitkan salah satu warisan kebudayaan yang hampir punah. 


" Kami sebagai pemerintah daerah sangat berterimakasih dengan segala keterbatasannya  Kantor Bahasa Kepulauan Riau merancang kegiatan yang bertujuan untuk  merevitalisasi Sastra Lisan Teater Mendu yang hampir jarang kita temui di masyarakat " kata  Boy Wijanarko. 


Boy Wijanarko juga menegaskan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah . Sehingga kegiatan pementasan budaya harus dijadikan agenda dinas terkait dalam upaya melestarikan dan juga proses edukasi kepada generasi muda akan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Natuna. 


Acara Teater Mendu yang di taja oleh Kantor Bahasa Kepri dan Pemerintah daerah Natuna bekerjasama dengan komunitas Kompas Benua dan Natuna Sastra. Teater ini berkisah tentang tokoh Dewa Mendu yang menyelamatkan siti mahdewi yang di kutuk menjadi gajah, yang kemudian oleh Raja Langkadura , Dewa Mendu dinobatkan sebagai raja negeri antapura yang baru karena telah menyelamatkan puterinya. 


Pemerintah berharap kegiatan pagelaran kesenian seperti ini dapat menumbuhkan antusiasme masyakat dalam mempelajari warisan kebudayaan di Kabupatan Natuna.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Pembacaan Doa

Sekda Natuna, Boy Wijarnako


Kepala Kantor Bahasa Kepri, Rahmat 


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama