Waspada Penyebaran Covid-19, Berikut Pesan Tegas Kabinda Kepri


Waspada Penyebaran Covid-19, Berikut Pesan Tegas Kabinda Kepri

Waspada Penyebaran Covid-19, Berikut Pesan Tegas Kabinda Kepri
Suasana Kegiatan

KEPRI I KEJORANEWS.COM: Satuan tugas (Satgas) Covid-19 mencatat terjadi peningkatan kasus secara nasional dalam 3 minggu terakhir. Dimana ada kenaikan kasus sebesar 31 persen sejak 22 Mei 2022 hingga 8 Juni 2022.

"Jika dilihat pada grafik kasus positif Covid-19 mingguan, terjadi kenaikan 571 atau 31 persen dari kasus tanggal 22 Mei 2022, yaitu dari 1.814 menjadi 2.385 kasus mingguan," jelasnya.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Tim Pakar dan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam kanal Youtube- Sekretariat Presiden, (8/6).

Berikutnya, meskipun peningkatan kasus Covid-19 didominasi di wilayah Pulau Jawa, Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengingatkan masyarakat untuk tetap mengantisipasi efek domino dari kejadian tersebut karena tidak menutup kemungkinan bisa terjadi penyebaran hingga ke wilayah Kepri.

"Seperti yang kita tahu bahwa mobilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan mulai berjalan normal, tidak hanya lintas domestik tetapi juga lintas negara sehingga rawan berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19, terutama varian baru di tengah penurunan imunitas masyarakat,” jelasnya, Jum'at, (10/06/2022)

Suasana Kegiatan
Untuk itu, ia menegaskan bahwa hingga saat ini virus Covid-19 masih ada dan pandemi belum berakhir sehingga upaya untuk terus meningkatkan kekebalan masyarakat diperlukan, terutama melalui vaksinasi.

"Program vaksinasi masih terus berjalan dan Binda Kepri hingga saat ini menjalin kolaborasi dengan Dinas Kesehatan dalam pendistribusian vaksin agar masyarakat yang telah mendapat dosis lengkap juga mendapat booster," ungkapnya.

Lanjutnya, vaksinasi booster dilakukan dengan membuka fasilitas pelayanan rutin di Puskesmas maupun membuka sentra vaksinasi massal di sejumlah titik.

"Pada hari ini, sentra vaksinasi massal di Batam dibuka di Grand Batam Mall, lapangan futsal SP Plaza dan Gedung Makmoom Tanjung Riau. Diharapkan masyarakat tetap mewaspadai gelombang baru Covid-19 dengan membekali diri dengan vaksin dosis lengkap dan booster," tutup Kabinda Kepri.

Sesuai dengan data Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, tercatat hingga 9 Juni 2022, jumlah kasus yang masih menjalani perawatan di wilayah Kepri sebanyak 6 kasus. Sementara dari data Dinas Kesehatan Kepri, percepatan vaksinasi booster telah mencapai 45,18 persen atau 620.422 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama