Rodhial Huda Hadiri Peringatan Hari Malaria Sedunia di Mandalika NTB


Rodhial Huda Hadiri Peringatan Hari Malaria Sedunia di Mandalika NTB

Wabup Natuna, Rodhial Huda ( tengah)-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Natuna diwakili Wakil Bupati Rodhial Huda, Selasa (31/05/2022) menghadiri acara Peringatan Hari Malaria Sedunia dan Menerima Sertifikat Eliminasi Malaria bertempat di Mandalika, Lombok Tengah NTB.


Kehadiran Wabup Natuna ini berdasarkan  surat undangan dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor PV.01.02/C/2672/2022 Tanggal 17 Mei 2022.


Hari Malaria Sedunia (HMS) diperingati setiap tahun pada tanggal 25 April. Namun pada tahun 2022 ini, Acara Puncak Peringatan HMS  diadakan lebih awal  di Lombok Tengah, Provinsi NTB, yakni pada hari Selasa 31 Mei 2022.


Acara  dilakukan secara kombinasi luring (off-line) dan daring (on-line). Peringatan HMS ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan, serta untuk memobilisasi dukungan dan peran aktif seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan Indonesia Bebas Malaria Tahun 2030.


Melalui pesan singkatnya, Wabup Natuna, Rodhial Huda mengatakan, peringatan HMS ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan, serta untuk memobilisasi dukungan dan peran aktif seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan Indonesia Bebas Malaria Tahun 2030.


Peringatan HMS tahun 2022 ini mengangkat tema global; “HARNESS INNOVATION TO REDUCE THE MALARIA DISEASE BURDEN AND SAVE LIVES”.


Sedangkan  tema nasional adalah; “Ciptakan Inovasi Capai Eliminasi, Wujudkan Indonesia Bebas Malaria”.


Tema HMS ini memuat pesan kepada seluruh komponen bangsa untuk tetap memberikan komitmen kuat guna mewujudkan Indonesia Bebas Malaria tahun 2030.


“Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat Natuna untuk hidup lebih sehat dan bertanggung jawab akan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit malaria dan lainnya,” tutup Wabup.





(Piston).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama