Menata UPTD Pakan dan Perbibitan Ternak, Berikut Target Pemkab Lingga


Menata UPTD Pakan dan Perbibitan Ternak, Berikut Target Pemkab Lingga

Menata UPTD Pakan dan Perbibitan Ternak,  Berikut Target Pemkab Lingga
Lokasi UPTD

LINGGA I KEJORANEWS.COM: Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, mulai menata fungsi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sebagai bentuk konsistensi menyukseskan program prioritas Bupati dalam membangun Kabupaten Lingga melalui 4 sektor unggulan.

Dengan memanfaatkan Kawasan Pertanian Terpadu (Agro Techno Park), yang merupakan UPTD Perbibitan dan Hijauan Pakan Ternak yang didalamnya tersedia berbagai aktifitas pendukung pertanian, area perkebunan, dan peternakan.

UPTD Perbibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak, berkedudukan di bawah dinas dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga. Adapun tata laksana pemeliharaan di UPTD Tanah Putih tersebut, secara umum meliputi manajemen kesehatan, manajemen reproduksi dan produksi, manajemen penanganan limbah serta pemasarannya.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga Gandime Diyanto, ST, MIP menyampaikan bahwa salah satu tugas dan fungsi UPTD adalah untuk melaksanakan pemulihan, produksi dan pemasaran bibit sapi potong unggul, sekaligus sebagai kawasan pertanian terpadu milik Pemkab Lingga dengan luas lokasi ± 20 Hektare.

"Untuk manajemen pemeliharaan di UPTD Tanah Putih ini akan memiliki dua sistem, yakni ekstensif (digembalakan) dan intensif (dikandangkan). Saat ini, telah ada 6 ekor sapi Brahman Cross sebagai cikal bakal tahap awal pengembangan sapi di lokasi UPT Tanah Putih tersebut," terangnya. Senin, (06/06/2022)

Suasana di Lokasi
Lanjutnya, untuk jumlah kandang yang tersedia di UPTD Tanah Putih ada sebanyak 11 kandang dan masing-masing kandang dapat memuat 20 ekor lembu, jadi keseluruhannya ada sekitar 200 lebih ekor lembu yang bisa dipelihara. Diharapkan bisa berkelanjutan sekaligus mengurangi ketergantungan pembelian bibit ternak sapi dari luar daerah.

Kedepan, Pemkab Lingga ditargetkan mampu mendistribusikan bibit ternak setiap tahunnya kepada kelompok – kelompok ternak masyarakat, usaha perorangan hingga korporasi. Dan Komitmen Pemerintah Daerah tersebut, telah tertuang dalam rencana strategis yang sudah disusun sebelumnya.

"Sebenarnya kita meneruskan program pada masa Kepemimpinan Bupati terdahulu yakni Awe dan Nizar, yang kemudian dilanjutkan sebagai program unggulan pada periode Nizar dan Neko," jelasnya. 

Lanjutnya lagi, UPTD ini juga bisa dijadikan sebagai sumber ilmu atau tempat melihat atau belajar manajemen dan mekanisasi peternakan serta teknologi-teknologi peternakan, baik itu teknologi pakan ternak maupun teknologi reproduksi yang sudah mampu diterapkan di Kabupaten Lingga.

"Kabupaten Lingga, juga memiliki UPTD lain dibawah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga yakni UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebanyak 3 unit, yaitu Puskeswan Sungai Buluh di Kecamatan Singkep Barat, Puskeswan Musai di Kecamatan Lingga serta Puskeswan Sungai Besar di Kecamatan Lingga," tutupnya.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama