Letkol Kav Joko Sunarto Ikuti Upacara Harlah Pancasila Bertemakan, "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia"


Letkol Kav Joko Sunarto Ikuti Upacara Harlah Pancasila Bertemakan, "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia"

Letkol Kav Joko Sunarto

TUBA I KEJORANEWS.COM: Dandim 0426 Tulang Bawang, Letkol Kav Joko Sunarto, S.Sos., M.Han mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila secara virtual di ruang rapat utama lantai ll Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang(Tuba), Rabu 1 Juni 2022.



Joko Sunarto menjelaskan, Inspektur peringatan upacara hari lahir pancasila Presiden Ir Joko Widodo dan mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia". 



"Upacara ini meneguhkan komitmen kita akan mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ungkap Joko menyampaikan amanat Inspektur upacara. 


Menurut dia, presiden menjelaskan pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dari perumusan tanggal 1 Juni 1945 yang di pidatokan Ir. Soekarno piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding Father para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan. 



"Harus diingatkan bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman takdir tuhan untuk kita keberagamaan berbagai etnis, Bahasa, Adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia yaitu Bhinneka tunggal Ika," lanjut dia menyampaikan amanat presiden. 



Presiden menilai, lanjut dia, kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini mengalami tantangan ke Bhinekaan, karena sedang diuji ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan. 



"Tidak ada pilihan lain kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila tidak ada pilihan lain seluruh anak bangsa menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk mempersatukan persaudaraan, tidak ada pilihan kita harus kembali ke jati diri sendiri sebagai bangsa yang santun berjiwa gotong royong dan toleransi, tidak ada pilihan lain harus menjadikan Indonesia Bangsa yang adil dan makmur dan bermartabat di mata Internasional," pintanya. 




Tampak hadir dalam peringatan upacara, perwakilan Lanud Pangeran M Bun Yamin, Kapten Tek Sopian, Sub Denpom Menggala Pelda Samingan,  Ketua DPRD Tuba Sopi'i, SH., MH, Kakesbangpol Tuba Hamami Ria Staf ahli Tuba Saut Sinurat, dan Kemenag Drs. H. Sanusi.


(Yusri) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama