Atlet di Sea Games Vietnam, Terima Ratusan Juta dari Presiden RI


Atlet di Sea Games Vietnam, Terima Ratusan Juta dari Presiden RI

Atlet di Sea Games Vietnam, Terima Ratusan Juta dari Presiden RI
Suasana Kegiatan

NASIONAL I KEJORANEWS.COM: Dari 499 atlet yang dikirim ke SEA Games ke-31 di Vietnam, sebanyak 408 atlet semuanya memperoleh medali, baik emas, perak maupun perunggu.

"Sekali lagi. Dari 499 atlet, 408 memperoleh medali, artinya 82 persen atlet yang kita kirimkan ini membawa medali, pulang ke tanah air," terang Kepala Negara dengan rasa senang dan bangga.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI, Joko Widodo saat menerima kontingen Indonesia yang telah berjuang di SEA Games ke-31 di Vietnam, sekaligus menyerahkan bonus apresiasi bagi para atlet dan para pelatih, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Senin, (13/06/2022)

Baca Juga:

Sebelumnya, Menpora, Zainudin Amali melaporkan bahwa jumlah atlet yang diberangkatkan pada SEA Games ke-31 di Vietnam berkurang sekitar 40,67 persen bila dibandingkan dengan keikutsertaan pada SEA Games ke-30 yang sebanyak 841 orang. Namun hal tersebut tidak mengurangi prestasi yang diperoleh.

Kontingen Indonesia berhasil menduduki peringkat ketiga dengan raihan 241 medali yang terdiri dari 69 medali emas, 92 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Akan hal itu, presiden RI mengatakan bahwa membangun ekosistem yang baik itulah yang akan memberikan hasil, kerjanya juga fokus. Kirim enggak usah banyak-banyak sampai 840 pada tahun sebelumnya, tapi hasilnya meningkat.

"Kalau kita lihat, seperti yang saya sampaikan yang lalu sebelum berangkat, 2015 kita peringkat kelima, 2017 peringkat kelima, 2019 peringkat keempat, dan sekarang kita masuk ke peringkat tiga, meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet," terangnya.

"Hari ini akan kita serahkan, kita berikan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Kepada para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp 130,5 Miliar, kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp 32 Miliar, sebuah angka juga yang tidak sedikit. Semoga ini memberikan inspirasi, memberikan motivasi kepada atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional apa pun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," pungkasnya.

Selain menyampaikan ucapan selamat, sebagai bentuk apresiasi kepada kontingen yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga Asia Tenggara tersebut, pemerintah memberikan bonus dengan total mencapai lebih dari Rp 160 Miliar.

Selanjutnya pada kegiatan, secara simbolis Kepala Negara menyerahkan bonus kepada sejumlah perwakilan atlet. Dan berikut daftar atlet dari Cabang olahraga (Cabor) peraih mendali, diantaranya:

Ihram - Cabor rowing, peraih medali emas nomor tunggal, menerima Rp 500 Juta;
Riau Ega Agatha - Cabor panahan, peraih medali emas nomor ganda, menerima Rp 400 Juta;
Ceyco Georgia Zefanya - Cabor karate, peraih medali perak nomor tunggal, menerima Rp 300 Juta;
Susanto Megaranto - Cabor catur, peraih medali perak nomor ganda, menerima Rp 240 Juta;
Dhita Juliana - Cabor voli pantai, peraih medali perak nomor beregu, menerima Rp 210 Juta;
Azzahra Permatahani - Cabor renang, peraih medali perunggu nomor tunggal, menerima Rp 150 Juta;
Raudani Fitra - Cabor kano, peraih medali perunggu nomor ganda, menerima Rp 120 Juta;
Gian Kurnadi - Cabor esport, peraih medali perunggu nomor beregu, menerima Rp 105 Juta.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama