Warga Binaan Lapas Brebes Antusias Ikuti Kegiatan Baca Tulis Al Quran


Warga Binaan Lapas Brebes Antusias Ikuti Kegiatan Baca Tulis Al Quran


BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Antusiasme dan semangat dirasakan oleh Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes saat mengikuti kegiatan Baca Tulis Al Quran ( BTQ ) yang dilaksanakan di Masjid At- Taubah Lapas Brebes. Sabtu (21/5/2022).


Kegiatan Keagamaan tersebut rutin dilaksanakan, dengan harapkan warga binaan dapat mendekatkan diri pada Sang Khaliq dan juga untuk meningkatkan cara membaca dan menulis Ayat Suci Al Quran.


Kalapas Brebes Isnawan. Amd.IP SH. MH menjelaskan banyak program pembinaan yang dilaksanakan Lapas Brebes terhadap Warga Binaan, salah satunya Program pembinaan mental keagamaan Seperti Siraman Rohani, Hadroh, dan baca tulis Al Quran bagi Warga binaan yang Muslim, Lapas Brebes juga mengadakan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan untuk Warga Binaan yang Non Muslim.." Papar Isnawan.


Lebih lanjut Isnawan menjelaskan Pembinaan narapidana merupakan program yang dimiliki Lembaga Pemasyarakatan yang difungsikan untuk menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat berinteraksi kembali dengan masyarakat secara baik setelah selesai masa pidananya.


"Dengan mengikuti Kegiatan Bimbingan Kerohanian Keagamaan diharapkan Warga binaan agar bisa introspeksi diri dengan menyadari kesalahan, memperbaiki diri, meningkatkan mental, sehingga setelah selesai menjalani masa pidana diterima kembali oleh masyarakat." Jelas Isnawan


Pembinaan kerohanian ini bukan hanya sebatas pengajian dan baca tulis Al-Qur'an saja, akan tetapi, setiap harinya WBP muslim di Lapas Brebes diwajibkan melaksanakan shalat fardhu berjamaah dan salat Jumat berjamaah di masjid, Kegiatan ini rutin dilaksanakan, selama Warga Binaan menjalani masa pidana.


Di dalam Program BTQ terdapat beberapa tingkatan, bagi warga binaan yang masih belum lancar membaca Al quran maka diarahkan untuk belajar dengan Metode Iqra.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama