Presiden Jokowi Ajak Amerika Serikat Untuk Terus Menjadi Mitra Strategis ASEAN


Presiden Jokowi Ajak Amerika Serikat Untuk Terus Menjadi Mitra Strategis ASEAN

Presiden Jokowi ketika menghadiri perjamuan santap siang dengan para pemimpin Negara-negara ASEAN
JAKARTA I KEJORANEWS.COM: Pada hari Kamis 13 Mei 2022 siang kemarin, Presiden Joko Widodo menghadiri perjamuan santap siang dengan para pemimpin Negara-negara ASEAN yang dilakukan oleh ketua dewan perwakilan Amerika Serikat(AS) Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC.


Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi diberi kehormatan untuk berbicara pada kesempatan pertama pada acara tersebut.


Seusai memperkenalkan para pemimpin ASEAN yang hadir, Jokowi pun mengajak Amerika Serikat untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas dan kerjasama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik. 


Sudah lebih dari lima dekade ASEAN  menikmati perdamaian dan stabilitas. Negara ASEAN juga bekerja keras membangun arsitektur kawasan yang mengedepankan kerja sama. Paradigma win-win diperjuangkan, budaya dialog diperkokoh, kerja sama inklusif dikedepankan dan hukum internasional serta nilai-nilai multilateral menjadi panglima.


Di depan anggota Kongres AS ini, "saya juga menyinggung soal perang di Ukraina yang menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa, berdampak pada ekonomi dunia termasuk memicu kenaikan harga pangan, energi dan inflasi," kata Jokowi.  


Jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan dan unilateralisme dikedepankan, maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain, termasuk di Indo-Pasifik, jelasnya.


"Karena itulah, saya mengajak AS untuk terus menjadi mitra strategis ASEAN yang saling menguntungkan," harapnya.



(Yusri) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama