Meski Tak Harus Pakai Masker, Gerai Vaksinasi Tetap Buka di Batam


Meski Tak Harus Pakai Masker, Gerai Vaksinasi Tetap Buka di Batam

Meski Tak Harus Pakai Masker, Gerai Vaksinasi Tetap Buka di Batam
Suasana Kegiatan

BATAM I KEJORANEWS.COM: Presiden RI, Joko Widodo telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. 

"Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," jelas Presiden RI dalam pernyataan resminya, (17/5).

Selain kebijakan tersebut, Presiden RI menyatakan bahwa PPDN dan PPLN tidak lagi diwajibkan tes swab PCR maupun antigen jika sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap.

"Yang kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," tutup Kepala Negara.

Terkait hal itu, Kabinda Kepri, Brigjen. Pol. R.C. Gumay mengatakan meskipun demikian, program vaksinasi tetap dilanjutkan pemerintah dalam rangka membentuk kekebalan tubuh yang optimal dalam mencegah potensi penyebaran Covid-19 pada masa mendatang.

"Hingga saat ini, pendistribusian vaksin tetap dilanjutkan pemerintah karena diperlukan masyarakat agar memiliki kekebalan terhadap penyebaran Covid-19, bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin dapat mengunjungi gerai vaksinasi yang telah disediakan," terangnya saat peninjauan kegiatan vaksinasi. Rabu, (18/05/2022)

Video Kegiatan:

Lanjutnya, pembukaan gerai vaksinasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batam dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapat vaksin. Pada hari ini, gerai vaksinasi dibuka di Puskesmas yang tersebar di wilayah Batam.

Selain itu juga dilakukan vaksinasi massal di Grand Batam Mall, Mega Mall, Mall Botania 2, Lapangan Futsal SP Plaza dan Kantor Fuel Terminal Pulau Sambu.

"Hingga saat ini, pemerintah menyediakan vaksin dosis 1, 2 maupun booster gratis kepada masyarakat, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri, dihimbau untuk mengikuti vaksinasi hingga dosis lengkap agar tidak perlu tes swab PCR maupun antigen," tutup Kabinda Kepri.

Suasana Kegiatan
Salah satu peserta vaksinasi, Paul mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang tetap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah kota Batam.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kabinda yang telah memfasilitasi penyelenggaraan vaksinasi ini, kami mengajak masyarakat yang belum mendapat vaksin dosis 1, 2 dan booster untuk segera mengikuti vaksin dosis lengkap demi kesehatan pribadi ataupun untuk memenuhi persyaratan berbagai kepentingan,” katanya di Mall Botania 2, Batam Kota, Batam - Kepri.

Lanjutnya, berharap agar masyarakat segera mengikuti vaksinasi booster sehingga memperkuat kekebalan bagi diri dan sekitarnya dari penyebaran Covid-19.

"Kami menghimbau agar masyarakat segera mengikuti vaksinasi booster agar dapat beraktivitas bebas dan kegiatan ekonomi kembali berjalan normal, kami ingin segera terwujud sehingga kemana-mana bebas tanpa masker," pungkasnya.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama