Dinkes Anambas Gelar Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN) 2022


Dinkes Anambas Gelar Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN) 2022

Pelepasan Balon ke Udara Tanda Peresmian BIAN 2022-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Covid-19 telah mengakibatkan cakupan imunisasi rutin lengkap anak menjadi rendah, untuk mengejar kekurangan cakupan tersebut Pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap I, kegiatan ini berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 001 Tarempa, Kecamatan Siantan, jalan Raden Saleh, Kabupaten Kepulauan Anambas. Rabu, (18/05/2022).

 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas, Yessy Ariessandy dalam kata sambutan di kegiatan menyampaikan bahwa pencanangan imunisasi anak nasional di Kabupaten Kepulauan Anambas Berdasarkan keputusan Mentri Kesehatan RI, (Menkes) pada 11 April Tahun 2022 dan instruksi Gubenur Kepulauan Riau No 440/1052/Dinkes/2022, pada tanggal 27 April tahun 2022.

 

“ Covid 19 yang mengakibatkan pelaksanaan kegiatan imunitas rutin tidak dapat berjalan secara optimal berdasarkan beberapa data tahun terakhir menunjukan penurunan yang signifikan, baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan, dengan adanya Bulan imunisasi anak nasional atau (BIAN), kegiatan pemberian satu dosis imunisasi tambahan campak dan rebella secara massal dapat memutuskan transmisi terhadap penularan virus tersebut dan juga sebagai upaya untuk melengkapi imunisasi yang dikenal dengan istilah imunisasi kejar bagi anak balita, “ ucapnya.

 

Lanjutnya,  sasaran imunisasi kejar adalah untuk anak di usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan dan untuk sasaran imunisasi MR anak usia 9 tahun sampai dengan usia 15 tahun, sementara sasaran BIAN di Kepulauan Anambas untuk Campak sebanyak 13.600 anak, sasaran IPV sebanyak 1.900 anak, sasaran OPV 833 anak dan sasaran DPTHBHiB sebanyak 379 anak.

 

“ Kegiatan ini tentunya memiliki tantangan jadi bukan hanya samata - mata menjadi tanggung jawab Dinkes saja, namun kegiatan Nasional ini tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah Daerah, maupun di Desa dan dukungan dari setiap orang tua, karna imunisasi sangat memberi banyak manfaat kepada anak - anak, “ tutupnya.

 

Di kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Anambas melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Harianto yang meresmikan kegiatan BIAN, menyebutkan, kegiatan tahap I ini dilaksanakan secara Nasional pada Bulan Mei Tahun 2022 di Wilayah khususnya di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau Dan Kepulauan Riau.

 

“ Alhamdulilah kegiatan hari ini kita laksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas di SD Sekolah Dasar Negeri 001 Tarempa. Saya mewakili Pemerintah Daerah mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi imunisasi  yang diselenggarakan dari Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kepulauan Anambas bersama    Tim Upt Puskesmas Tarempa.  Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim kegiatan pencanaan imunisasi anak nasional (BIAN) resmi saya buka, “ ucapnya  sambil menggunting tali pita balon mengudara.

 

Turut hadir dalam acara BIAN, tersebut FKPD, OPD, Kapolres, Danlanal Tarempa, Danramil, Kacapjari, Camat Siantan, Lurah, Kades, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

 



( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama