Idul Fitri Bagai Kertas Putih untuk Menorehkan Iptek


Idul Fitri Bagai Kertas Putih untuk Menorehkan Iptek

Bupati Brebes Idza Priyanti Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melihat ada keistimewaan di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, karena bertepatan dengan 2 Mei 2022 yang merupakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Berkaitan dengan dunia pendidikan, Idza mengibaratkan Idul Fitri bagai kertas putih, yang selanjutnya harus diisi dengan goresan tinta ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). 


“Kesucian yang telah diraih, bagai kertas putih, maka hendaklah diisi dengan goresan Iptek,” ujar Idza Priyanti saat menyampaikan sambutan pada upacara hari pendidikan nasional di Pendopo Bupati, Jumat (13/52022).


Idza mengajak kepada para guru untuk menuntun murid-muridnya menorehkan tinta emas berupa ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan Iptek, mereka akan mendapatkan bekal ilmu yang dapat menyelamatkan kehidupan dunia maupun akhirat.  


Dalam peringatan Hardiknas yang mengusung tema “Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar.” Idza menekankan pentingnya komitmen untuk meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia. Hal ini bisa diwujudkan melalui layanan pendidikan yang berkemajuan dan berkeadilan. Yang dalam program prioritasnya, diantaranya dengan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) dan Pendidikan Sepanjang Hayat.


Para peserta upacara upacara Peringatan Hardiknas di Pendopo Kabupaten Brebes mengenakan pakaian adat brebesan. Hal tersebut sesuai dengan pedoman Peringatan Hardiknas 2022 yang diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).


Setelah selesai melaksanakan upacara secara langsung di pendopo, para peserta diarahkan untuk turut mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hardiknas oleh Pemerintah Pusat secara virtual pada pukul 08.00 WIB.


Meskipun Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh setiap tanggal 2 Mei, namun pada tahun 2022 ini Hardiknas dirayakan pada tanggal 13 Mei 2022i. Kemendikbud menjelaskan alasan kenapa hardiknas diperingati pada 13 Mei 2022 dikarenakan pada 2 Mei 2022 bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri dan Cuti Bersama.


Begitu pula dengan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Pendopo Kabupaten Brebes juga dilaksanakan pada hari Jumat 13 Mei 2022 di Aula Pendopo Kabupaten Brebes pukul 07.00 WIB. Pelaksanaan Upacara tersebut dilakukan secara tatap muka dengan harus memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.


Upacara Peringatan Hardiknas dipimpin Bupati Brebes Hj Idza Priyanti dengan peserta antara lain Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda Brebes, perwakilan OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Brebes, Ketua PGRI Kabupaten Brebes, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes, para Kepala Sekolah dari PAUD hingga SLTA serta undangan lainnya.


(Salam)


Lebih baru Lebih lama