DPD Pelra Kepri dan Riau Dilantik, Ini 100 Hari Program Kerjanya


DPD Pelra Kepri dan Riau Dilantik, Ini 100 Hari Program Kerjanya

Andi Mashadiyat Ketua, Triyana Syahfitri, SH, MM,
Sekretaris dan Muslim Matondang, SH selaku Bendahara-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Pengurus Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Persatuan Pengusaha Pelayaran Rakyat Indonesia ( Pelra) Provinsi Kepri dan Riau diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah provinsi Kepri dan Riau dalam rangka memajukan pelayaran di kedua daerah ini. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah ( Sekda) Prov. Kepri, Drs. Eko Sumbaryadi usai pelantikan DPD Pelra Kepri dan Riau di hotel Planet Holiday Batam, Sabtu ( 19/2/2022).

 

“ Provinsi Kepri 96% nya adalah lautan dan 4 % nya daratan, kehadiran pelayaran rakyat sangat dibutuhkan untuk perpindahan arus barang dan penumpang dari pulau ke pulau maupun antar daerah dari provinsi ke provinsi. “ ujarnya.

 

Sedangkan terkait harapan pengurus Pelra yang ingin mengakut orang sebagai penumpang, namun sulit bersaing dengan kapal Roll on Roll Off ( Roro), Eko berharap agar pihak Pelra lebih mengambil peluang untuk mengakut orang yang di daerah tersebut tidak ada Roronya.


“ Untuk itu perlu adanya inovasi dari pihak Pelra untuk mengakut barang atau orang yang tidak ada Roro nya, “ jelasnya.


Sementara itu, H. Sudirman Abdullah, SE, Ketua Umum Perla mengatakan bahwa DPD Perla perlu berinovasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan angkutannya, karena Pelra memiliki armada yang bisa mengakut barang hingga tempat-tempat terpencil.


“ Ada sekitar 25 sampai 30 persen barang yang diangkut ke pelosok-pelosok, yang tidak bisa diangkut oleh pelayaran nasional.  Itu bisa dimanfaatkan Perla, tapi kita berharap ada peran pemerintah daerah untuk dapat membantu Perla menyediakan barang muatan tersebut, kalau dulu kita bekerja sama dengan Bulog untuk mengakut berasnya. Untuk itu Perla perlu berinovasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Dengan adanya kepengurusan ini saya harap Perla dapat maju dan Berjaya seperti dahulu, khususnya di Kepri dan Riau, “ ucapnya.

 

Di kesempatan yang sama, Andi Mashadiyat Ketua DPD Perla Kepri dan Riau mengatakan, ia akan memajukan Perla. Di awal 100 hari kerja ia mengaku akan ada 3 program perencanaan yang dilakukan yakni, menertibkan pelabuhan tikus atau pelabuhan tidak resmi dan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti bea cukai dan KSOP, Perusda, BUMN serta pemerintah daerah untuk membuat pelabuhan khusus yang di dalam nya terdapat angkutan barang penumpang dan juga pelelangan ikan. Selain itu katanya, Perla yang dipimpinnya juga akan mengelola BBM bersubsidi dengan membuat depot BBM sendiri, karena selama ini BBM bersubsidi yang diperuntukkan bagi Perla sesuai Kepres No. 24 tahun 2021 masih dikelola oleh SPBU pertamina.

 

“ Kami selama ini mengisi BBM masih di SPBU, ke depan kami akan memohon ke Bapenas agar kami bisa membuat depot BBM sendiri. Dan yang terakhir kami pengurus Pelra akan juga akan membentuk Koperasi Pelra, “ terangnya usai pelantikan dirinya sebagai ketua DPD Pelra Kepri dan Riau.

 

Sebelumnya dalam acara, Pelra DPD Kepri dan Riau dengan Kepengurusan Andi Mashadiyat Ketua, Triyana Syahfitri, SH, MM, Sekretaris dan Muslim Matondang, SH, Bendahara dilantik oleh Ketua Umum Pelra, H. Sudirman Abdullah, SE didampingi Sekjen Pelra, H. Mualimin Dawing. Dilanjutkan dengan pelantikan oleh Andi Mashadiyat kepada sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Pelra.

DPC Pelra yang dilantik adalah DPC Pelra Kota Batam, DPC Pelra Pekanbaru, DPC Pelra Bintan, Tanjungpinang, Indra Giri Hilir dan Dumai.

 



Penjabat Sekretaris Daerah ( Sekda) Prov. Kepri, Drs. Eko Sumbaryadi

Ketua Umum Pelra, H. Sudirman Abdullah, SE


Rdk

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama