Guna Antisipasi Penyakit DBD, Rutan Kelas IIB Kotabumi Lakukan Penyemprotan Insektisida


Guna Antisipasi Penyakit DBD, Rutan Kelas IIB Kotabumi Lakukan Penyemprotan Insektisida

Ketika Penyemprotan Insektisida.
LAMPUNGUTARA I KEJORANEWS.COM: Rumah Tahanan Negara(Rutan) Kelas IIB Kotabumi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melalui Puskesmas Wonogiri melakukan Fogging (Pengasapan) dan penyemprotan insektisida guna antisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue(DBD) di saat musim penghujan.


" Kami lakukan ini, karena Rutan menjadi salah satu lokasi yang memiliki resiko tinggi penyebaran DBD,  jumlah warga binaan kami di sini cukup banyak, kata Mukhlisin Fardi selaku Kepala Rutan kelas IIB Kotabumi, Sabtu(01/1/2022).


Dengan fogging dan penyemprotan insektisida serta membersihkan kamar hunian serta menguras bak penampungan air, katanta agar penyebaran nyamuk dapat di minimalisir.


Mukhlisin pun mengimbau kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP) untuk selalu memperhatikan serta meningkatkan kebersihan blok hunian serta kamar hunian agar mereka semua bebas dari penyakit DBD.

Di tempat yang sama, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kotabumi, Sabar Anju Padang didampingi petugas kesehatan Rutan mengatakan bahwa, kegiatan itu dimulai dari pukul 08:00 Wib sampai dengan 12:00 Wib dengan tiga orang petugas dari Puskesmas Wonogiri.


"Ada beberapa titik tempat yang kita lakukan fogging yaitu Rumah Dinas Rutan, area pagar luar serta menara, bagian branggang Rutan, seluruh ruangan kantor dan seluruh kamar hunian Warga Binaan," terangnya.


" Selain fogging, kita juga selalu melakukan pengawasan serta pengecekan secara rutin kamar hunian guna menjaga kebersihan kamar dan blok hunian, agar seluruh warga binaan terhindar dari penyakit. Kami akan selalu siap 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan kita,” ulasnya.


Sementara itu, Didik Caroko petugas kesehatan Rutan Kotabumi mengatakan bahwa, untuk memastikan kesehtan seluruh WBP Rutan Kotabumi, pihaknya selalu melakukan kontrol kesehatan warga secara rutin.


"Bukan hanya kontrol kesehatan saja, melainkan kita perlu mengecek sumber air dan penampungan air mereka,agar airnya selalu kondisi layak dipakai,” ungkapnya.


Salah satu warga binaan menyebutkan fogging tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan penghuni Rutan dan mengucapkan rasa terima kasih kepada petugas Rutan.

Mukhlisin Fardi.

(Ys)

Lebih baru Lebih lama