Bunga 0 Persen, Pinjaman hingga Rp 20 Juta Khusus Pelaku UMKM di Kepri


Bunga 0 Persen, Pinjaman hingga Rp 20 Juta Khusus Pelaku UMKM di Kepri

Bunga 0 Persen, Pinjaman hingga Rp 20 Juta Khusus Pelaku UMKM di Kepri
Gubernur Menyerahkan Batuan Modal Senilai Rp 20 Juta ke Pelaku UMKM

KEPRI I KEJORANEWS.COM : Mulai disalurkan ke pelaku usaha. Program bantuan modal bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bunga 0 persen yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) bekerjasama dengan PT Bank Riau Kepri.

Terkait hal itu, Gubernur Kepri, H.Ansar Ahmad menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan Pemprov Kepri berbentuk subsidi bunga 0 persen dari pinjaman modal.

Masyarakat yang mengajukan pinjaman modal UMKM ke Bank Riau Kepri hanya perlu mengembalikan pinjaman pokok. Sedangkan bunga dari pinjaman modal tersebut akan ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Kepri.

"Masyarakat yang mempunyai UMKM jika memanfaatkan program ini tidak perlu memikirkan lagi bunganya. Bunganya sudah kita tanggung, jadi ini adalah pinjaman modal tanpa bunga," jelasnya di Kantor Bank Riau Kepri cabang Tanjung Pinang, (8/12).

Lanjutnya, Pemprov Kepri telah menganggarkan dana sebesar Rp 2 Miliar untuk bantuan subsidi bunga modal UMKM. Diperkirakan akan ada 1.000 UMKM yang bisa merasakan manfaat dari program tersebut.

"Apabila program ini berhasil, kedepan guna meningkatkan besaran anggaran sehingga lebih banyak lagi UMKM di Kepri yang bisa merasakan subsidi bunga modal," tutupnya.

Berikutnya, Kepala Bank Riau Kepri cabang Tanjungpinang, Wan Abdul Rahman menjelaskan bahwa pinjaman modal yang diberikan oleh Bank Riau Kepri bervariatif antara Rp 10 Juta sampai dengan Rp 20 Juta. Dengan masa tenor sampai dengan 2 tahun, dan proses pinjaman selama 5 hari kerja.

"Kami mendukung penuh program kerjasama ini, tentu Bank Riau Kepri sebagai bank pembangunan daerah wajib berperan serta membantu pemerintah daerah dalam usaha pemulihan ekonomi di Kepulauan Riau," terangnya.


Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama