BP Batam Tanda Tangani Kerjasama Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam


BP Batam Tanda Tangani Kerjasama Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam

Penandatanganan Kerja Sama-
BATAM I KEJORANEWS.COM : Wali Kota Batam/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi resmi menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Penandatanganan (PKS) Pemerintah dengan Badan Usaha tersebut dilakukan antara BP Batam dengan PT Bandara Internasional Batam.  

Sebagaimana diketahui PT Bandara Internasional Batam merupakan perusahaan yang dibentuk oleh konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero), Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya Karya (Persero).

Dijelaskan Rudi, letak Batam yang sangat strategis di jalur perairan internasional di Selat Malaka dan hanya berjarak 20 km dari Singapura.

"Hal ini, tentu saja membuat Batam memiliki kelebihan dibanding dengan daerah lain di Indonesia," kata Rudi, Selasa (21/12/2021).

Karena itu letak yang sangat strategis ini perlu terus didukung oleh keberadaan Bandar Udara Hang Nadim, yang merupakan bandara dengan landasan terbang terpanjang di Asia Tenggara, yaitu 4.025 meter.

Nantinya kata Rudi PT Bandara Internasional Batam akan mengelola area seluas kurang lebih 350 hektar yang akan menjadi bandar udara modern berstandar internasional. 

"Dengan penandatanganan PKS ini menandakan komitmen bersama untuk mengembangkan Bandara Hang Nadim sebagai hub logistik dan penumpang," katanya.

Sehingga dapat mendukung dalam pembangunan infrastruktur dan dapat menarik mitra investasi lainnya yang akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Batam dan Provinsi Kepri.

"Dengan meningkatnya pergerakan penumpang saat ini,  maka diperlukan pengembangan infrastruktur Bandara Hang Nadim," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen menjalankan kerjasama seperti apa yang ditandatangani bersama BP Batam.

"Kami akan membangun, merenovasi dan mengembangan Bandara Hang Nadim sesuai dengan kerjasama yang kita tandatangani hari ini," kata Pikri.

Penandatanganan PKS tersebut juga disaksikan secara virtual oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Konsuler Transportasi dan Infrastruktur Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Dongjin.




Kominfo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama