Kunjungi KPU BC Batam, Wamenkeu RI: "Saling Memahami, Sampaikan Kendala Terkait Logistik"


Kunjungi KPU BC Batam, Wamenkeu RI: "Saling Memahami, Sampaikan Kendala Terkait Logistik"

Kunjungi KPU BC Batam, Wamenkeu RI: "Saling Memahami, Sampaikan Kendala Terkait Logistik"
Wamenkeu RI pada Kegiatan Kunker

BATAM I KEJORANEWS.COM : Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia (Wamenkeu RI), Suahasil Nazara berpesan kepada para pelaku usaha agar memanfaatkan momen ini untuk menyampaikan apapun yang selama ini menjadi kendala khususnya terkait logistik.

"Silahkan dilanjutkan momen baik ini, jadikan kegiatan ini sebagai ajang bertukar pikiran dan saling memahami antara pemerintah dan pelaku usaha," terangnya.

Hal tersebut disampaikannya pada Kegiatan sharing session dan public hearing terkait implementasi Batam Logistics Ecosystems (BLE) sebagai bagian dari National Logistics Ecosystems (NLE) dengan para pengguna jasa yang ada di wilayah kerja Bea Cukai Batam, di Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam (KPU BC Batam), Batu Ampar, Batam - Kepri,  (2/11).

Lanjutnya, Kemenkeu berkomitmen melalui Tim NLE, LNSW, dan Bea Cukai Batam dengan BLE untuk bersama-sama berkolaborasi dengan instansi terkait untuk bagaimana membuat arus logistik di Indonesia lebih simpel, mudah, dan memberikan kepastian.

"Dengan adanya NLE ini dapat terus meningkatkan efisiensi dan memberikan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat Indonesia," jelasnya.

"Kami Kementerian Keuangan terbuka agar NLE bisa menjadi versi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha," tutup Wamenkeu RI.
Foto Bersama di Kantor KPU BC Batam
Terkait kegiatan, Kepala Pelaksana Harian NLE, Agus Sudarmadi menyampaikan bahwa guna mengevaluasi implementasi BLE dan NLE agar semakin sesuai dengankebutuhan pelaku usaha.

Terdapat empat isu utama yang menjadi fokus pengembangan dan penyempurnaan implementasi NLE.

"Simplifikasi proses bisnis, pembangunan super platform, payment, dan penataan pelabuhan," terangnya yang juga menjabat Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai," jelasnya.

Super platform tersebut, lanjutnya bisa diluncurkan pada Desember tahun 2021, di mana super platform tersebut fiturnya dapat menjawab kebutuhan pelaku usaha terkait logistik.

"Salah satu yang kami lakukan untuk mewujudkan super platform tersebut adalah dengan adanya perjanjian kerja sama yang rancangannya sedang diproses dimana salah satu tujuannya sebagai payung hukum bagi entitas government dan entitas bisnis untuk berbagi data," tutupnya.

Pada Kunjungan Kerja Wamenkeu RI, didampingi oleh  Staf Ahli Menkeu Bidang Penerimaan Negara, Sekretaris Dirjen Perbendaharaan.

Kakan Wilayah Dirjen Pajak Kepri, Kepala Perwakilan Kemenkeu Wilayah Kepri, Kepala KPU Bea BC Tipe B Batam, Kakan Wilayah DJBC Khusus Kepri, Kakan Wilayah Dirjen Perbendaharaan Kepri.


Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama