Lanal Tarempa Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan pada Masyarakat Pesisir


Lanal Tarempa Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan pada Masyarakat Pesisir

Danlanal dan Jajaran bersama Masyarakat-
ANAMBAS I KEJORANEWS.Com : Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla melalui bidang potensi maritim menyelenggarakan pelatihan ketahanan pangan kepada masyarakat pesisir, tepatnya di  Kampung Bahari Nusantara (KBN) desa Batu Belah dan dan desa Temburun Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas.

 Pelatihan yang diberikan kali ini tentang budidaya ikan kerapu menggunakan keramba jaring tancap (KJT).

"‌Melalui penyelengaraan Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir Tahun Anggaran 2021 TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Tarempa turut berperan aktif membina Masyarakat Pesisir dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan mengelola serta mengolah potensi maritim khususnya di bidang pangan guna mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional. Sasaran kegiatan yang akan dilakukan adalah  sasaran non fisik berupa pelatihan sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya memanfaatkan waktu dan lahan yang banyak tersedia untuk melakukan hal-hal yang produktif guna membantu tersedianya pangan tanpa ketergantungan dari daerah lain", ucap Danlanal Tarempa dalam kata sambutannya.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat dilaksanakan oleh masyarakat sebagai alternatif kegiatan sampingan pada saat musim utara, dimana cuaca berubah menjadi ekstrim di wilayah tertentu di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga sangat cocok dan memungkinkan apabila kegiatan ini dikembangkan sehingga akan berdampak terhadap ketahanan pangan nasional yang kuat dan melalui kegiatan ketahanan pangan tersebut akan tercapai kemanunggalan TNI dan komponen masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah", tambah Danlanal Tarempa.

Danlanal Tarempa juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kegiatan pembinaan potensi maritim (BINPOTMAR) TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Lanal Tarempa dalam upaya mencapai Klaster ekonomi Kampung Bahari Nusantara dengan memacu pemanfaatan potensi maritim guna memperkuat ketahanan pangan khususnya di wilayah kerja Lanal Tarempa khusunya di Desa Binaan dengan menghadirkan beberapa Nara sumber yang berkompeten di bidang perikanan dan kelautan.

Didampingi oleh Kepala Desa Binaan KBN. Desa Batu Belah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla membuka secara resmi pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir dan dihadiri oleh tenaga ahli sebagai Narasumber, diantaranya Arcan Iskandar S.pi, selaku Kepala bidang pengelolaan TPI dan Kelayakan Usaha, Bapak Nur Alam S. Kel. Selaku Plt. Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan dan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat Desa Temburun Dan KBN Desa Batu Belah, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Bapak Dodo sebagai pelaku usaha sejenis yg telah sukses menjalankan pembudidayaan Kerapu utk memberikan motivasi dan pembelajaran secara langsung kepada kelompok nelayan yg mengikuti giat tersebut.

( Rilis/ Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama