ABK KM Star 86 Diduga Terjatuh dari Kapal di Perairan Tokong Malang Biru


ABK KM Star 86 Diduga Terjatuh dari Kapal di Perairan Tokong Malang Biru

Foto Ilustrasi -
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Reki Hariadi seorang Anak Buah Kapal ( ABK) Kapten KM Star 86 dikabarkan terjatuh dari kapal dan hilang di di Perairan Tokong Malang Biru. 

Hilangnya Reki disampaikan oleh Yuni Saputra Ketua Hubungan Masyarakat ( Humas ) Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas pada Selasa (20/09/21).

" Informasi hilangnya Reki kami dapatkan dari Celi, Kapten KM Star 86. " Ujar Yuni 

Dijelaskan Yuni, KM Star 86 berangkat dari Pelabuhan Kijang Kabupaten Bintan Menuju Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas Pada hari Saptu, 18 September 2021 Jam 23.00 Wib.

" Pada saat dalam perjalanan sekitar jam 15.00 WIB, korban masih terlihat dari kamar mesin hingga ke buritan kapal, kemudian setelah jam 16.20 WIB, korban sudah tidak terlihat lagi di atas kapal. Kapten kapal langsung melakukan pencarian hingga pada jam 17.30 WIB, di sekitar area tersebut yang di curigai korban terjatuh, yakni di titik koordinat 
02°18.115′ N  105°36.595′ E. Perairan Tokong Malang Biru.  Karena kondisi hampir malam, sehingga pencarian tidak memungkinkan, Kapten Kapal memutuskan melanjutkan perjalan menuju Terempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, " terang Yuni.

Terkait kejadian itu lanjut Yuni, ia selaku Humas DPC HNSI KKA langsung berkoordinasi dengan pihak terkait.

" Hari ini operasi pencarian ke sekitar lokasi titik koordinat Korban terjatuh, oleh Tim SAR gabungan 
dilaksanakan pada pagi 05.30 Wib. Mereka menggunakan RIB 02 Pos SAR Anambas, " lanjutnya.

Selain pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR, Yuni menyampaikan bahwa ia juga telah meminta nelayan yang berada di sekitar lokasi jatuhnya korban, ikut melakukan pencarian.

" Saya sudah berikan imbauan kepada seluruh Nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk bisa menghubungi nelayan lainnya melalui jalur radio. Agar nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar area perairan Pulau Tokong Malang Biru yang diduga sebagai tempat terjatuhnya korban, ikut melakukan pencarian, " jelas Yuni.


Yuni berharap korban ABK KM Star 86 segera diketemukan dengan selamat.

" Semoga dengan imbauan ini seluruh nelayan yang ada di Kepulauan Anambas berpartisipasi melakukan pencarian, dan semoga korban dapat ditemukan dengan selamat," harapnya.

Data insiden :

Nama Kapal : KM Star 86
Jenis : Kargo Barang
Tonase. : 30 GT
Tujuan. : Kijang – Tarempa
Jumlah kru. : 4 Orang
1. Pemilik Kapal : Celi (Kapten) laki-laki usia 39 tahun
2. ABK : Saparudin laki-laki usia 42 tahun
3. Usman: laki laki usia 47 tahun
4. Reki Hariadi laki laki 22 tahun (Korban)

( Rilis DPC HNSI Anambas)
Lebih baru Lebih lama