Tanpa Dukungan Pemkab Mesuji, Gapoktan Pangkal Mas Manfaatkan Barang Rusak Untuk Alat Pengering Padi yang Berguna Para Petani


Tanpa Dukungan Pemkab Mesuji, Gapoktan Pangkal Mas Manfaatkan Barang Rusak Untuk Alat Pengering Padi yang Berguna Para Petani

ini alat yang akan dibuat pengering padi.
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Ketua gaboktan Mesuji Timur Desa Pangkal Mas, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, telah menfaatkan barang bekas menjadi barang yang berfungsi untuk pertanian Mesuji Lampung Meskipun tak ada dorongan dari Pemkab setempat untuk mendukung kemajuan para petani Mesuji.


Barang bekas ataupun barang yang rusak bisa di katakan limbah besi yang sudah tidak terpakai, kini bisa dimanfaatkan dan didaur ulang dalam pembuatan alat untuk bisa di fungsikan kembali, ujar Subagio sebagai ketua Gapoktan ketika di wawancarai di kediamannya, Jumat(28/8/2021).


Lanjut Subagio selaku ketua gaboktan  menjelaskan, "saya cuma ingin Barang-barang tersebut yang sudah rusak kami rancang dan saya bikin alat untuk pengolahan dalam proses pengopenan padi dan alat tersebut untuk membantu meringankan beban para petani kabupaten Mesuji khususnya Desa Pangkal Mas dalam bentuk pengolahan para kelompok tani yang kami  kelola selama ini, jelas Subagio.


Masih ditempat yang sama, salah satu rekannya yaitu Timbul menjelaskan, "kalau alat bajak dan alat lainnya yang sudah bekas(ngangkrak/rusak), bahasanya bisa kami ciptakan menjadi bentuk alat untuk memproses pemanas padi supaya kering dan bisa di jangkau dalam waktu paling lama 12 jam dalam pengeringannya padi para petani bisa kering seketika tanpa harus berjam jam mengadalkan hangatnya terik matahari," terangnya.


Untuk itu, kemudian kami melanjutkan peoses penggilingan padi menjadi beras. Dalam keterangan bapak Sugiono sebelumnya mas dan hal tersebut bisa sebagai contoh dalam profesi yang begitu cemerlang untuk para Petani Kabupaten Mesuji.


"Ya harapan saya yaitu para Dinas terkait yang ada dikabupaten Mesuji bisa mendukung atau membantu program ini dan apalagi Bupati Mesuji atau Anggota DPRD Mesuji  yang harus mendukung sepenuhnya untuk kemajuan atau meningkatkan perkembangan para petani yang ada di Kabupaten Mesuji," harapnya.




(M.Sagiman)

Lebih baru Lebih lama