Pemkab Anambas akan Kembangkan 5 Pulau sebagai Destinasi Wisata


Pemkab Anambas akan Kembangkan 5 Pulau sebagai Destinasi Wisata

FGD Pemkab Anambas-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Dalam upaya Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemerintah Daerah melaksanakan Focus Grup Discussion ( FGD) bersama Tim  pengembang destinasi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual di ruang rapat kantor Bupati Kepulauan Anambas, Selasa (22/06/21), dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Sekretaris Daerah, Asisten II, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan, Ketua Kadin Anambas, Perwakilan LKKPN Pekanbaru di Anambas.

Selain itu juga hadir 3 narasumber yang memaparkan terkait pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas. Mereka adalah : 1. M.Suyukri Machmud, SE Selaku Ketua Umum Asati dan Ketua Komite Tetap Parekraf Kadin Indonesia.
2. H.Ir.Gatot Indra Anggaradi,MM selaku tim pengembang destinasi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas. Dan 3. Ir.H.Erwin Maulana Pribadi, MT., IPM selaku tim pengembang destinasi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam pembahasan rencananya ada 5 pulau yang akan dikembangkan sebagai destinasi wisata dan akan dibekerjasamakan dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.5 pulau tersebut adalah :
1. Pantai Padang Melang
2. Pulau Penjalin
3. Pulau Mengkian Panjang 
4. Pulau Selat Rangsang
5. Pulau Durai

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dr.Masykur, ST.,MM dalam paparannya menyebutkan bahwa ada 8 tujuan kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Anambas :
1. Mengembangkan ekowisata bahari sebagai unggulan didukung budaya melayu berbasis masyarakat dan pendorong perkembangan daya tarik wisata.

2. Meningkatkan keterpaduan pembangunan lintas sektor baik aksesbilitas dan moda transportasi, prasarana umum, fasilitas pariwisata untuk meningkatkan konektivitas dan kualitas kualitas pelayanan berstandar internasional dalam mendorong investasi pariwisata

3. Mengembangkan industri pariwisata berdaya saing internasional yang bertanggungjawab terhadap lingkungan alam, sosial dan budaya Melayu

4. Membangun struktur industrI pariwisata yang kuat dan beridentitas lokal melalui pembangunan kemitraan ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional, terpadu menghargai dan melestarikan nilai-nilai kearifian lokal.

5. Meningkatkan keterpaduan pemasaran berbasis Digital Tourism (e-tourism) bersama-sama dengan pemerintah, provinsi maupun lintas pelaku dengan target membangun citra sebagai destinasi Ekowisata bahari dan Budaya Melayu berdaya saiang internasional.

6. Meningkatkan keamanan, keselamatan, kenyamanan sektor transportasi laut, udara dan darat berstandar internasional

7. Mewujudkan organisasi dan SDM yang handal dan berkompetensi internasional untuk mendorong percepatan perwujudan sebagai Ekowisata Bahari berdaya saing internasional

8. Mewujudkan tata kelola Ekowisata bahari untuk mewujudkan keterpaduan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Tim pengembang destinasi pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas, Ir.H.Erwin Maulana Pribadi, MT., IPM juga menjelaskan bahwa yang menjadi dasar pertimbangan dalam penentuan prinsip-prinsip pembangunan kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Anambas meliputi :
1. prinsip pembangunan kepariwisataan nasional
2. kebijakan pembangunan pariwisata Provinsi Kepri
3. isu strategis kepariwisataan Kepulauan Anambas
4. Visi dan misi pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas
5. Prinsip pembangunan kepariwisataan dunia

Ia juga menyebutkan bahwa sebagian besar daya tarik wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah wisata alam yakni sebesar 76 %. Oleh karena itu untuk terwujudnya pengembangan destinasi pariwisata ini, perlunya komitmen bersama baik dari pimpinan tertinggi sampai yang terendah, hal ini bertujuan agar memiliki tujuan yang jelas secara bersama dan saling berkolaborasi.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH menanggapi bahwa rencana pengembangan destinasi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah suatu rencana dan tujuan yang positif.

Dengan adanya rencana pengembangan destinasi pariwisata, Abdul Haris, SH berharap suatu saat Anambas bisa menjadi objek wisata konservasi baru baik itu konservasi penyu, terumbu karang dan habitat ikan.


( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama