HORE!! Usai Vaksin Dapat Sertifikat, Begini Cara Mendapatkannya !


HORE!! Usai Vaksin Dapat Sertifikat, Begini Cara Mendapatkannya !

ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Setiap warga yang telah divaksin Covid-19, akan menerima sertifikat
elektronik yang terintegrasi dengan sistem E-HAC (Electronic - Health Alert Card), sebagai tanda bahwa warga tersebut sudah mendapat suntikkan vaksin Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPT Puskesmas Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas Januardi.A.Mk, kepada media ini saat dihubungi pada Senin ( 14/6/2021).

" E-HAC yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan, merupakan versi modern dari kartu manual yang digunakan sebelumnya. Jadi di sertifikat vaksinasi, ada QR Code-nya, akan bisa dilihat di data base,"  sebut Januardi melalui telpon seluler.

Lanjut dia menjelaskan, dalam sertifikat vaksin digital tersebut tertera nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor kependudukan yang telah menerima vaksinasi Covid-19, sehingga warga diharapkan untuk tidak mengunggah foto sertifikat vaksinasi Covid-19 di media sosial agar orang lain tidak bisa mengakses data miliknya.

" Itu  demi keamanan pemiliknya, " terangnya. 

" Adapun langkah langkah cara mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai berikut: 
Setiap warga yang telah divaksin wajib menghubungi nomor 119. Setelah itu warga akan menerima SMS dari 119 yang berisi link untuk men-download sertifikat vaksin Covid-19 versi digital. Cara download sertifikat vaksin digital melalui aplikasi PeduliLindungi.
Download aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store bagi yang belum memilikinya
Instal lalu buka aplikasi PeduliLindungi Buat akun dengan mengisi identitas dan nomor ponsel, Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
Setelah berhasil, pengguna akan diarahkan ke beranda. Ketuk ikon “Profil” di sebelah kanan kolom “Cari Zonasi”
Ketuk “Sertifikat Vaksin” lalu tap “Periksa”
Isi NIK KTP dan nomor ponsel
Aplikasi akan menampilkan sertifikat untuk vaksinasi pertama maupun kedua
Ketuk pada salah satu tahap penyuntikan yang telah diikuti untuk menyimpan. Aplikasi akan meminta persetujuan untuk menyimpan gambar lalu ketuk “Ya”
Sertifikat vaksin digital akan terdownload  dan tersimpan di ponsel. " Jelasnya.

( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama