Terombang-ambing di Laut selama 3 Hari, Basarnas Natuna Datang Menolong


Terombang-ambing di Laut selama 3 Hari, Basarnas Natuna Datang Menolong

Basarnas Natuna saat Evakuasi Para Korban-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 5 orang penumpang dan awak kapal pompong dari Pontianak Kalimantan Barat tujuan Kecamatan Pulau Tiga Natuna, akhirnya dapat dievakuasi tim Basarnas Natuna bersama pihak Kecamatan Subi, setelah 3 hari terombang ambing di perairan Subi, karena pompong yang mereka tumpangi mengalami mati mesin.

Operasi penyelamatan yang dramatis itu berhasil dilakukan tepatnya pada Rabu malam, (19/5/2021) sekitar pukul 22.30 WIB. 

Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan , SAR Natuna, Mexianus Bekabel melalui sambungan telepon mengungkapkan, bahwa tim SAR mendapat informasi awal dari Camat Subi, mengenai adanya kapal Pompong yang mengalami kerusakan mesin pada hari Rabu petang, dan dalam operasi penyelamatan sempat mencari kapal pompong itu, karena telah hanyut dari koordinat awal akibat terbawa gelombang.

“Saat kami tiba di lokasi awal ternyata kapalnya sudah bergeser, karena gelombang cukup tinggi alurnya sampai 2 meter, bergeser 11 nautical mill dari titik awal,” jelas Mexianus Bekabel, Kamis (20/5/2021).

Setelah ditemukan, korban yang berjumlah 5 orang terdiri atas 2 orang anak – anak, dan 3 orang dewasa termasuk nahkoda, diangkut Kapal Sar menuju Kecamatan Subi. Sementara Kapal pompong yang bermuatan box ikan itu mengalami kerusakan mesin, ditarik menuju pelabuhan Subi untuk diperbaiki.

Saat ditemukan, seluruh penumpang dan nahkoda dalam keadaan selamat namun kondisi tubuh lemah karena sejak melakukan pelayaran dari hari Senin lalu, kapal mengalami kerusakan dan mereka kehabisan stok perbekalan untuk dikonsumsi.

“Saat ini para penumpang dan nahkoda kapal sudah berada di puskesmas Kecamatan Subi untuk mendapatkan perawatan karena kondisi mereka lemah, dan juga sudah dilakukan rapid test kepada mereka, semua hasilnya negatif, ,” tambah Mexi.

Kapal pompong dengan bobot 5 Gross ton dengan nahkoda Zaini, itu sementara masih berada di Pelabuhan Subi untuk diperbaiki, sebelum digunakan untuk melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Pulau Tiga. Sementara mengenai keberadaan warga Pulau Tiga yang mengalami kerusakan mesin pompong dalam perjalanan dari Pontianak itu juga sudah dikabarkan Kepala Kantor Pencarian Pertolongan Natuna kepada Camat Pulau Tiga.
Basarnas Natuna Berdoa sebelum Operasi Penyelamatan



( Piston) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama