Kelurahan Diminta Mengajak RT dan RW dalam Memantau Warga yang Bergejala Covid-19


Kelurahan Diminta Mengajak RT dan RW dalam Memantau Warga yang Bergejala Covid-19

Lurah Ranai, Syuparman-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Jumlah masyarakat yang diisolasi karena Covid 19 di Kabupaten Natuna angkanya terus bertambah, angka tertinggi adalah warga dari kecamatan Bunguran Timur yakni dari kelurahan Ranai dan kelurahan Batu Hitam.

Menyikapi hal ini pihak kedua Kelurahan itu mengambil langkah guna mengantisipasi semakin bertambah warga yang akan diisolasi.

Dalam mengatisipasi peningkatan warga yang positif Covid -19 dan diisolasi, Pemerintah Kelurahan Ranai melibatkan pihak RT dan RW untuk memantau langsung warga yang diduga mengalami gejala Covid atau menderita demam.

Selain itu RT dan RW juga diminta aktiv mendata warga yang diketahui baru datang dari bepergian keluar wilayah, seperti setelah melakukan mudik lebaran.
Lurah Batu Hitam , Ahmad Zainuri

Syuparman Lurah Ranai mengatakan dengan melibatkan langsung ketua RT RW yang mengetahui kondisi warga di wilayah masing - masing merupakan langkah awal dalam mengantisipasi bertambahnya warga yang harus diisolasi karena Covid-19.

"Kita minta kepada pihak RT dan RW agar memantau dan mendata langsung warganya, serta bagi warga yang merasa memiliki masalah kesehatan agar dapat langsung memeriksakan diri ke pusat kesehatan masyarakat, ini langkah dalam mengantisipasi penularan dan penyebaran virus corona,' ujar Syuparman di Ranai, Rabu (19/5/2021).

Sementara itu Pemerintah kelurahan Batu Hitam selain giat melakukan sosialisasi pencegahan Covid, dengan penerapan protokol kesehatan , juga berkoordinasi dengan Puskesmas Ranai untuk melakukan Swab bila diketahui ada warga yang memiliki gejala Covid.

Lurah Batu Hitam, Ahmad Zainuri mengatakan, pihaknya juga telah mengimbau agar para ketua RT dan RW juga untuk  memantau kondisi lingkungan termasuk kemungkinan adanya warga yang baru datang dari bepergian ke luar daerah.

"Kita akui agak kesulitan dalam memantau warga yang baru datang dari luar daerah, oleh karenanya saya sering minta kepada pihak RT dan RW agar memantau langsung warga di lingkungannya, baik yang baru datang dari bepergian, atau kemungkinan adanya warga yang sakit dengan ciri - ciri gejala Covid-19," kata Ahmad Zainuri, Rabu (19/5/2021).

Selain itu baik Kelurahan Ranai maupun  Kelurahan Batu Hitam juga giat melakukan penyemprotan desinfektan baik pada fasilitas umum maupun rumah warga yang terkonfirmasi Covid, penyemprotan dilakukan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya seperti Dinas pemadam kebakaran, Puskesmas Ranai maupun Polres Natuna.

Berdasarkan data Gugus tugas covid -19 Kabupaten Natuna pertanggal 6 Mei 2021, jumlah warga Kelurahan Ranai yang telah dan masih menjalani isolasi hingga saat ini sekitar 18 orang, dan 29 orang warga kelurahan Batu Hitam.

( Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama