Infrastruktur dan SDM Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Anambas


Infrastruktur dan SDM Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Anambas

Wan Zuhendra sampaikan Kata Sambutan-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Wakil Bupati ( Wabup) Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra,  memberikan sambutan saat rapat strategi pembangunan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat pasca Covid-19, Kamis ((8/4/2021) di  lantai III Kantor Bupati Pasir Peti.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengemukakan, salah satu strategi dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Anambas adalah dengan membangun infrastruktur.

" Salah satunya memperpanjang landasan pacu (runway) Bandara Letung di Jemaja agar dapat disinggahi pesawat berukuran besar sejenis boing." Ujar Wabup.

Lanjut Wabup, dengan adanya pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi suatu upaya yang dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sementara itu Hermin Esti Setyowati Asisten Deputi Bidang SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Maritim dan Investasi RI menyampaikan bahwa ia terkesan dan bangga dengan keindahan alam Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia menyebut Kepulauan Anambas memiliki potensi pariwisata alam begitu indah dan sangat memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

" Kita perlu melakukan konsultasi dan melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) di desa wisata. Dengan membuat masterplan yang dilakukan oleh professional agar selaras dengan visi misi rencana kerja dan regulasi yang mewakili aspirasi masyarakat. Salah satunya adalah dengan membentuk kelembagaan atau Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) sebagai mitra pemerintah. Dengan hal itu aspirasi masyarakat bisa tertampung dan masyarakat juga bisa ikut terlibat membangun desa wisata sesuai peran fungsinya agar wisata tetap lestari. " Ujar Hermin Esti Setyowati.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas, Dr Masykur, ST. MM menyebut sebelum pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Kepulauan Anambas mencapai 1.500 orang. 

" Lantaran sebab Covid-19, sektor pariwisata menurun drastis jadi, turis manca negara tidak bisa  berkunjung ke Anambas dalam berwisata. Maka di penghujung Covid-19, kita perlu mendorong agar pariwisata kembali normal dengan cara kreativitas serta inovasi baru baik pengembangan dalam hal promosi serta dalam pengembangan infrastruktur juga perlu kita tingkatkan sehingga menjadi daya tarik bagi turis mancanegara atau wisatawan yg akan berkunjung ke Anambas. Dalam hal ini infrastruktur pengembangan penambahan perpanjangan runway 
badara Letung hal yang sangat tepat. " Terang Dr Masykur, ST. MM.

( Yuni S)

Lebih baru Lebih lama