Pembangunan PLBN Serasan Baru capai 17,5 Persen, Ditargetkan Selesai 2022


Pembangunan PLBN Serasan Baru capai 17,5 Persen, Ditargetkan Selesai 2022

Kepala BPPD, Marka-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu  yang dibangun oleh Kementrian Pekerjaan umum Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna, telah mulai dilaksanakan  pembangunannya sejak 4 bulan yang lalu. 

Keberadaan PLBN Natuna yang diharapkan akan mempermudah akses masyarakat Natuna yang hendak melalukan perjalanan ke luar Negeri terutama Malaysia Timur itu diharapkan  ke depan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat nantinya.

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Natuna  Marka, saat ditemui diruang kerjanya menyampaikan    saat ini progres pembangunan PLBN baru mencapai 17, 5 % dengan waktu pelaksanaan selama 1,5 tahun kegiatan , maka ditarget akan akan rampung keseluruhan pada tahun 2022 mendatang.

“Pengerjaan sudah berjalan lebih kurang 4 bulan, melihat konsisten pelaksanaan di lapangan, kita optimis akan selesai tepat waktu,” ujar Marka, Selasa (16/3/2021).

Sejauh ini untuk pelaksanaan pembangunan PT. Adikarya selaku pelaksana proyek lebih banyak menggunakan tenaga kerja dari luar terutama dari Pulau Jawa. Termasuk juga untuk penggunaan material, lebih banyak didatangkan dari luar kecamatan Serasan.

Marka yang baru  kembali setelah meninjau pembangunan PLBN di Serasan itu menambahkan, pihaknya telah menyampaikan kepada Perusahaan pelaksana proyek agar dapat menggunakan tenaga kerja dan material lokal juga .

“Kita juga ingin agar pembangunan PLBN itu juga dapat memanfaatkan SDM dan Sumber Daya Alam (SDA) atau material lokal, karena dengan demikian kan juga dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” tambahnya.

Pembangunan PLBN Serasan yang dipusatkan di Desa Setelung, kawasan pelabuhan Serasan, menempati area lebih kurang 2,5 hektar. Selain membangun pusat perkantoran terpadu satu atap, termasuk juga pembangunan asrama bagi para pegawai yang akan bekerja di PLBN itu nantinya.

Sementara pembangunan PLBN Serasan tersebut murni dilaksanakan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan besaran pagu anggaran mencapai Rp.133 miliar lebih.

( PJP)
Lebih baru Lebih lama