Bakamla beri Pelatihan ke Rapala selama 3 Hari


Bakamla beri Pelatihan ke Rapala selama 3 Hari

Kolonel Bakamla Jarwadi-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Badan keamanan Laut (Bakamla) kembali menggelar Pelatihan bagi Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Natuna. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari itu dimulai pada 17 Maret 2021, itu diikuti oleh 40 orang relawan dengan rincian 20 orang relawan angkatan 2020 dan 20 orang lagi merupakan relawan baru angkatan 2021.

Mengawali kegiatan pelatihan pada Rabu (17/3/2021) pagi dilaksanakan test Swab Antigen kepada seluruh relawan. Dari hasil swab antigen tersebut diketahui hasil keseluruhan negatif.

Kasubdit Pengembangan Potensi keamanan dan Keselamatan laut Bakamla RI, yang juga merupakan Ketua Panitia pelaksana pelatihan Rapala 2021, kolonel Bakamla Jarwadi, mengatakan, swab yang dilaksanakan merupakan keharusan mutlak, dan salah satu program dari Bakamla yakni Pembekalan Pencegahan Penularan Covid-19 di Laut.

“Ini merupakan program dari Bakamla Pusat, bahwa salah satu tanggung jawab Bakamla adalah mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama di laut dalam pelaksanaan pengamanan perairan Indonesia,” terang Kolonel Bakamla Jarwadi.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, dalam pelatihan  para relawan juga dibekali pencegahan penyebaran Covid-19 dilaut.

Para relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) memiliki tugas dan tanggung jawab membantu tugas dan fungsi Bakamla RI, seperti mengumpulkan, mengidentifikasi serta melaporkan data , informasi dan dukungan terkait keamanan Laut termasuk   Sumber Daya Alam kelautan dan operasi pencarian dan pertolongan di laut.

“Kita harapkan keberadaan Rapala nantinya sangat berperan didalam mendukung tugas pokok dan fungsi Bakamla, tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari para Rapala itu sendiri,” tambah Kolonel Bakamla Jarwadi.
 
Adapun keanggotaan Rapala merupakan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat, yang telah terbentuk dibeberapa daerah seperti Natuna, Sambas kalimantan Barat, Banyuwangi Jawa timur,  Lampung Selatan, dan Kabupaten Karimun.

Pengukuhan anggota Rapala akan dilaksanakan pada hari terakhir pelatihan yakni Jum’at (19/3/2021) lusa ,  rencananya akan dilakukan langsung oleh Direktur Kerjasama Bakamla RI. Laksama, TNI.  Retiono Kunto.(Pjp)
Lebih baru Lebih lama