PD Salimah Malang Selenggarakan Webinar Public Speaking Lintas Daerah dan Pulau di Indonesia


PD Salimah Malang Selenggarakan Webinar Public Speaking Lintas Daerah dan Pulau di Indonesia

JATIM I KEJORANEWS.COM: Pimpinan Daerah, PD Salimah Kabupaten Malang selenggarakan Webinar Public Speaking  2021 bertema “Teknik Mudah & Praktek Berbicara Di Depan Audience” .

Acara dilaksanakan Sabtu, 13 Februari 2021, pukul 09.00-12.00 WIB. Diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di Kanal Youtube Salimah KabMalang. 

Penyelenggara menyebut tujuan diadakannya webinar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan anggota tentang public speaking, meningkatkan dan  mengembangkan keterampilan mengenai public speaking; dan meningkatkan kepercayaan diri dalam praktik public speaking.

Kegiatan webinar dilaksanakan dua sesi. Pertama, pemaparan dari narasumber.  Kedua, praktek dari peserta dalam public speaking. 

Webinar ini juga diramaikan dengan Challenge “Just Push the Record Button”. Challenge ini diberikan langsung oleh pemateri webinar yaitu Coach Feri D. Sampurno.
 Caranya,  peserta diminta untuk membuat sebuah video dalam sekali pengambilan tanpa jeda dan tanpa editing dengan durasi lebih kurang 1 menit. Video berisi perkenalan diri dan harus disampaikan dengan antusias. Harus sudah dikirim kepada panitia sehari sebelum acara dilaksanakan.

Peserta yang mengikuti webinar ini sebanyak 112 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, guru, ASN, ibu rumah tangga, karyawan swasta, wiraswasta.

Tak hanya diikuti oleh peserta dari Kabupaten Malang tetapi juga terdapat peserta dari berbagai kota dan propinsi di indonesia. Dari  Surabaya, Madiun, Pacitan juga Jakarta. Bahkan dari luar pulau antara lain dari Aceh, Jambi, Pekanbaru, Sumbawa Besar bahkan  juga  ada dari Tapanuli Utara.

 Selain mengikuti di ruang  zoom, sebagian peserta juga mengikuti secara langsung di Kanal Youtube Salimah KabMalang. 
Ketua PD Salimah Kab. Malang  Enny Umronah, A.Ks. MH. menyampaikan rasa syukurnya atas berlangsungya acara hari  tersebut yang bisa menjembatani lintas wilayah dan dari berbagai usia serta profesi.

"Ini merupakan  kesempatan berharga untuk mendapat ilmu yang luar biasa. Hal ini sejalan dengan  dengan tagline Salimah. Peduli Perempuan, Anak dan Keluarga Indonesia," tutur Enny. 

Dia juga menyampaikan harapannya agar peserta tetap menjaga kebersamaan dengan Salimah. Mengingat sejumlah program-progamnya  yang luar biasa. Antara lain program Sapa Pagi penggugah iman, Taman Sabila penuh ilmu, BTQ, Komunitas Boga, Komunitas Guru, Komunitas Relawan Peduli Lingkungan, jamuan makan lansia dan yang hendak direlease adalah Hotline Samara Center, berupa layanan konseling psikososial, keluarga, kesehatan dan gizi. 

Pada Webinar itu, Coach Feri membagikan tips tentang berbicara di depan audience. Mulai dari pemahaman tentang dasar-dasar public speaking yang membahas tentang teknik dasar dalam presentasi, komunikasi verbal, audio dan verbal.
 Kemudian performance skills, materi ini berisi tentang teknik performance dengan konsep 3 V (Verbal, Voice, Visual). 
Selanjutnya tentang persiapan public speaking, yang membahas cara mengatasi ketakutan ketika berbicara didepan publik.
Terakhir adalah Praktik public speaking, “How to Deliver your Presentation”. Membahas cara mengatasi audiens, berkomunikasi efektif dengan audiens, teknik meraih atensi dari audiens dan teknik time phases. Semua tentang public speaking dibahas tuntas dalam webinar, termasuk kendala.

Sesi terakhir, disampaikan sekilas preview pemaparan buku karya Tim Kreator PD Salimah Kab. Malang. Disampaikan oleh salah satu penulis. Bedah buku “Membumi Mewangi." 13/2/2021


Lebih baru Lebih lama