Kabupaten Karimun Terima Hibah dari Pemprov Kepri Fasilitas Pelabuhan


Kabupaten Karimun Terima Hibah dari Pemprov Kepri Fasilitas Pelabuhan

Kabupaten Karimun Terima Hibah dari Pemprov Kepri Fasilitas Pelabuhan
Sekdaprov Kepri (Kemeja Putih)
KEPRI I KEJORANEWS.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekdaprov Kepri) melakukan Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan berita acara serah terima fasilitas pelabuhan Tanjung Batu dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Karimun di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Pulau Dompak, Tanjung Pinang - Kepri. Rabu, (10/02/2021) 
 
Dalam kesempatan itu, Sekdaprov Kepri H.T.S. Arif Fadilah mengatakan Pemerintah Provinsi sangat menyambut baik penyelenggaraan penandatangan NPHD, sehingga pelayanan masyarakat yang melakukan perjalanan keluar dan masuk ke Pulau Kundur melalui Pelabuhan Tanjung Batu bisa berjalan dengan baik.
 
"Alhamdulillah dan terimakasih atas pelaksanaan hibah pelabuhan Pulau Kundur, ini sudah sangat lama sekali digenjar untuk dibangun. Dan kami yakin Pemkab Karimun mampu untuk mengelola Pelabuhan dengan  baik seperti Badan Usaha Pelabuhanan (BUP) yang mengelola Pelabuhan Rakyatnya," katanya.
 
Lanjutnya, dengan optimal sekaligus memenuhi tertib administrasi penataan aset sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan dalam penyediaan fasilitas pelabuhan yang telah dianggarkan melalui APBD Provinsi Kepulauan Riau.
 
"Ini merupakan suatu rahmat yang patut disyukuri mengingat dengan penuh keterbatasan APBD Provinsi Kepulauan Riau masih menyediakan fasilitas pelabuhan dapat dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun," katanya lagi.
 
Foto Bersama
Selain itu, ia menegaskan bahwa tujuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau saat ini, semata-mata menjawab kebutuhan masyarakat Pulau Kundur Kabupaten Karimun, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan harapan kontribusi akan penyediaan aset yang telah dibangun.
 
"Bangunan yang kita hibah ini semoga dapat turut menggerakkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Karimun khususnya dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya," jelasnya.
 
Di samping itu, ia berharap fasilitas pelabuhan berupa dermaga ponton, gedung terminal ruang tunggu dan perlengkapan gedung terminal ruang tunggu di Pelabuhan Tanjung Batu dikelola dengan sebaik-baiknya. Apabila dikelola secara komersial agar memperhatikan daya beli masyarakat dan kebutuhan pemeliharaan akan aset tersebut.
 
"Hari ini secara resmi kita serah terima-kan aset Pelabuhan untuk dengan penuh ketulusan dipergunakan untuk melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin agar dijaga dan dirawat dengan penuh tanggung jawab, tetapkan pelayanan  masyarakat sebagai niat kita untuk amal jariah kita kelak," harapnya.
 
Terakhir, ia menyampaikan bahwa sesuai dengan kebijakan Pemimpin terdahulu yakni Almarhum H. Muhammad Sani, waktu itu sangat gencar untuk membangun Rumah Sakit dan Pelabuhan dan Terminal Tanjung Batu.
 
"Jadi kita hari ini melanjutkan keinginan Almarhum, beliau (H. Muhammad Sani) sangat ingin merangkai pulau-pulau yang ada di Kepulauan Riau. Dimana geografis kita Kepulauan tentu pintu masuknya pelabuhan, dan yang diinginkan fungsi pelabuhan menjadi pelayanan utama," tutupnya.
 
Tampak hadir di kesempatan itu Anggota DPRD H. Lis Darmansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun H. M. Firmansyah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Syamsul Bahrum, Staf Ahli Bidang Hukum Mariani Ekowati, Kadis Perhubungan Junaidi beserta ASN Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun.
 
 
 
Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama