Jangkau Masyarakat Terpencil, Petugas Kesehatan Pambotanjara Gelar Puskesmas Keliling


Jangkau Masyarakat Terpencil, Petugas Kesehatan Pambotanjara Gelar Puskesmas Keliling

Petugas Medis saat Cek Kesehatan Masyarakat-
SUMBA TIMUR I KEJORANEWS.COM : Petugas kesehatan Puskesmas Pambotanjara melakukan Puskel (Puskesmas Keliling) di wilayah Desa Lukukamaru, Kecamatan kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa ( 23/2/2021).

Kegiatan tersebut guna memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang jauh dari Puskesmas.

Dokter Dessy Aryshandi Kalego dr. Puskesmas, kepada media kejoranews.com menyampaikan bahwa, kegiatan Puskesmas Keliling dilakukan rutin setiap bulan sekali. Pada jadwalnya bergiliran di setiap Dusun yang berada dalam dua Desa Lukukamaru dan Desa Pambotanjara yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Pambotanjara.

Jelasnya, Puskesmas Keliling sendiri merupakan, jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pambotanjara yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.

"Puskesmas Keliling dilaksanakan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan memperhatikan siklus kebutuhan pelayanan. Tujuan dari Puskesmas Keliling guna meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah terpencil atau sangat terpencil, " terangnya.

Petugas yang hadir guna melakukan pemeriksaan merupakan tim Puskel dari Puskesmas Pambotanjara, dibantu Kader Desa Lukukamaru dan Bidan Desa serta Perawat Desa Lukukamaru.

 (Jolly)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama