Kapolres Mesuji Bersama Dandim 0426/TB dan Bupati Mesuji Tinjau Perayaan Natal di Gereja HKBP


Kapolres Mesuji Bersama Dandim 0426/TB dan Bupati Mesuji Tinjau Perayaan Natal di Gereja HKBP

Bupati H. Saply, Kapolres AKBP Alim dan Letkol Kav Joko Sunarto
MESUJI I KEJORANEWS.COM: Kapolres Mesuji AKBP Alim, SH.S.IK bersama Dandim Letkol Kav Joko Sunarto, S.Sos.M dan Bupati Mesuji H.Saply TH memantau perayaan Natal para Jema'at di Gereja HKBP serta memastikan para jema'at khusyuk dan nyaman dalam melaksanakan ibadah di Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Jum'at(25/12/2020).


Kapolres AKBP Alim menjelaskan, "kita memantau dan memastikan perayaan natal Saudara-saudara kita umat kristiani di wilayah hukum Polres Mesuji berlangsung aman tanpa gangguan dan tetap mematuhi Prokes," kata AKBP Alim.


Dari pantauan di lokasi, ada sekitar 250 jema'at kurang lebih yang melaksanakan Misa Natal di gereja itu pagi ini. Para jema'at melaksanakan ibadah dengan khusyuk. Setelah dari Gereja HKBP rombongan melanjutkan peninjuan menuju Pospam exit tol Simpang Pematang dan Pospam Rest Area 234.


"Selain memantau pelaksanaan ibadah Natal, kita juga memastikan personel pengamanan dalam keadaan sehat dan fit," kata Kapolres Mesuji Alim.


Kapolres juga meminta semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak terpecah belah oleh Isu-isu ataupun berita hoaks yang menjurus kepada SARA.


"Selamat Natal buat saudara kita yang merayakan. Mari kita sama-sama menjaga keutuhan NKRI dan tidak mudah terpecah belah," pungkas Kapolres.

Suasana di Gereja HKBP
Dandim Letkol Kav Joko Sunarto mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk memastikan perayaan Natal 2020 di Kabupaten Mesuji berjalan dengan aman dan damai.


“Selamat Natal semoga tuhan memberkati. Harapan kami, tidak ada gangguan sedikit pun sehingga perayaan Natal ini bisa dilaksanakan dengan khusyuk dan fokus dalam menjalankan ibadah,” pungkasnya.


 

Lanjut Joko Sunarto, "kita telah menempatkan anggota Koramil 426-01/Mesuji di seluruh Gereja yang ada di Mesuji Lampung, demi memastikan parayaan Natal berjalan dengan aman dan kondusif tanpa ada yang mengganggu jalannya ibadah sampai dengan selesai," pungkasnya.


“Sampai saat ini kegatan perayaan Natal 2020 di Kabupaten Mesuji berjalan dengan aman dan damai. Kami berharap peran serta masyarakat juga untuk sama-sama menjaga kerukunan agama," harap Dandim.

Ketika meninjau gereja HKBP
Begitu juga Bupati Mesuji H.Saply TH menyampaikan pengecekan gereja bertujuan untuk mengantisipasi adanya potensi kerawanan saat perayaan Natal. “Alhamdulillah kami semua pastikan Kabupaten Mesuji dalam kondisi aman terkendali, kondusif, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Saply.


Menurut beliau masyarakat Kabupaten Mesuji khususnya umat Kristiani yang sedang merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 tidak perlu risau akan kondisi keamanan di Kabupaten Mesuji ini. Dipastikan tetap bisa fokus beribadah. Bagi penganut agama lain diminta menghormati dan bersama-sama bersinergi mendukung Pemerintah Kabupaten Mesuji dan TNI/POLRI demi keamanan serta ketertiban di Kabupaten Mesuji.


“Kabupaten Mesuji merupakan salah satu daerah yang multietnis dan multiagama, sehingga kami berpesan meskipun berbeda keyakinan tapi tetap saling menghormati dan menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya.


Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan perwujudan Visi Misi Kabupaten Mesuji yaitu Mesuji religius.


“Kita wajib menghormati penganut masing-masing agama untuk dapat melaksanakan ajaran agamanya dalam suasana yang damai”, ungkap Bupati Mesuji mengakhiri.




(Agus S/Yusri)

Lebih baru Lebih lama